Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Jalan Tol, Ke IKN Bisa Lewat Laut Pakai Kapal Pinisi

Kompas.com - 20/06/2024, 11:02 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Hubungan Laut (Hubla) tengah menyiapkan dukungan transportasi laut menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Transportasi laut ini ditujukan tidak hanya untuk mobilitas masyarakat juga untuk mendukung perkembangan pariwisata dari Balikpapan, Samarinda, dan Kabupaten Kutai Kartanegara, dan kawasan di sekitar IKN.

Jadi, masyakarat yang ingin berkunjung ke IKN bisa melalui jalur alternatif laut, selain jalan nasional dan jalan tol di darat.

Baca juga: Ciputra Vs OIKN Buka-bukaan Soal Rusun KPBU ASN yang Tak Kunjung Dibangun

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Hartanto mengungkapkan, pihaknya mendapatkan instruksi dari Menhub Budi Karya Sumadi untuk segera menyediakan sarana transportasi laut, salah satunya kapal pinisi.

Oleh karena itu, Ditjen Hubungan Laut saat ini tengah melakukan pelelangan pengadaan kapal pinisi ini dengan peserta seluruhnya merupakan perusahaan swasta Nasional.

"Insya Allah awal Juli 2024 sudah ada pemenangnya, sehingga kami bisa segera menempatkan minimal tiga kapal pinisi untuk beroperasi di Semayang, Balikpapan, Itchi Kartika Utama di Balikpapan Barat, dan Itci Hutani Manunggal (IHM) di Sepaku yang lokasinya mendekat langsung ke IKN," ujar Hartanto menjawab Kompas.com, Kamis (20/6/2024).

Setelah diketahui pemenangnya, lanjut Hartanto, Kapal Pinisi ini akan segera diluncurkan sebagai sarana transportasi laut menuju IKN.

Selain melakukan pelelangan, Ditjen Hubla juga akan membenahi kendala-kendala yang dihadapi sektor transportasi laut, khususnya di kota-kota penyangga IKN.

Baca juga: Kantor Satelit BIN di IKN Bakal Telan Rp 706,4 Miliar, Ini Desainnya

Kendala-kendala tersebut terkait kedalaman, dan dokumen-dokumen kapal yang belum memenuhi persyaratan.

"Kami akan bantu dengan melakukan survei tentang kedalaman, dan dokumen legalitas yang belum diurus melalui kerjasama dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan yang siap membantu supaya nanti juga ada percepatan-percepatan, tapi dokumen itu harus sesuai peraturan ya," tegas Hartanto.

Pada prinsipnya, Ditjen Hubla mendukung sarana transportasi laut yang tentunya akan lebih cepat dibandingkan melalui darat.

Sehingga masyarakat yang akan mudah dalam menjangkau daerah wisata di sekitar IKN seperti Bukit Bangkirai, Persemaian Mentawir, Goa Tapak Raja, dan sejumlah spot destinasi wisata lainnya.

Hartanto menegaskan, pihaknya siap mendukung pengembangan kapalnya, pelabuhannya, dan dukungan regulasi guna menghadirkan fasilitas layanan transportasi laut yang aman dan berkeselamatan.

Seperti Labuan Bajo

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara Thomas Umbu Pati memastikan soliditas sinergi dan kolaborasi dalam mengembangkan IKN.

"Termasuk dalam melihat bagaimana prospek pariwisata di IKN. Ini sub tematik yang sangat strategis sebenarnya. Karena selama ini pertanyaan orang adalah kalau mau berkunjung ke IKN setelah itu mau ke mana," ungkap Thomas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com