Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Groundbreaking" Kelima IKN, Ada Perbankan, Hunian, hingga "Convention Center"

Kompas.com - 29/01/2024, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Groundbreaking proyek investor publik dan swasta tahap lima di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilakukan dalam waktu dekat.

Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono mengungkapkan sejumlah proyek yang mulai dibangun pada tahap ini. Meliputi, kantor perbankan, logisik, hunian, hingga convention center.

"Ada beberapa dari perbankan, kemudian kemungkinan ada dari sisi logistik akan ada, kemudian ada beberapa jenis hunian, convention, dan sebagainya," ungkap Bambang, Minggu (28/1/2024).

Namun demikian, Bambang tidak membocorkan berapa total nilai investasi yang akan masuk pada groundbreaking kelima tersebut.

"Nilainya masih kita hitung, nanti kita sampaikan kepada masyarakat dan kita masih menunggu jadwal dari Bapak Presiden untuk nantinya beliau sendiri yang memimpin groundbreaking ini," lanjut Bambang.

Pada kesempatan berbeda, Bambang menyampaikan target investasi IKN pada tahun 2024 mencapai Rp 100 triliun.

Baca juga: Ketika Jargon Senin Harga IKN Naik Mengemuka di Kota Kasablanka

"Target 2024 Rp 100 triliun investasi, bisa publik dan swasta," ujar Bambang Susantono, Jumat (26/1/2024).

Sementara total investasi publik dan swasta yang telah masuk ke IKN sepanjang tahun 2023 hingga groundbreaking keempat pada Januari 2024 adalah sekitar Rp 47,5 triliun.

Sedangkan untuk investasi yang berasal hanya dari swasta senilai Rp 35,9 triliun.

"Mudah-mudahan Insya Allah yang kita lihat pada groundbreaking mendatang kan BI sudah groundbreaking, LPS sudah, OJK yang belum kan. Kemudian juga nanti beberapa bank termasuk saya mohon maaf sudah membocorkan (Mandiri akan ikut groundbreaking kelima)," tuntas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com