Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2024, 19:05 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai tahun 2024, pemerintah secara bertahap memulai perpindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Demi mendukung pendidikan anak-anak para ASN tersebut, pemerintah akan memanfaatkan sekolah-sekolah negeri yang ada di lingkungan IKN.

“Jadi sekolah-sekolah negeri yang ada di lingkungan IKN akan kita berdayakan. Namun, akan dibagusin lagi baik dari segi infrastruktur maupun sarana prasarananya,” ungkap salah satu staff Otorita IKN (OIKN) Aqsa, dalam diskusi di kanal YouTube ASN 17+.

Baca juga: Seruan buat Calon Investor: Senin Harga Naik di IKN

Selain memanfaatkan sekolah negeri yang ada, Aqsa mengatakan, saat ini beberapa sekolah swasta juga berencana hadir di IKN.

Untuk diketahui, sebelumnya Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan dan revitalisasi dua sekolah di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2923).

Satu sekolah yang dibangun adalah Nusantara Intercultural School (NIS). Sementara yang direvitalisasi yaitu SD Negeri 020 Sepaku.

“Ini akan memperbaiki kualitas pendidikan tidak hanya di SD Negeri 020 Sepaku, tetapi kita juga sedang memperbaiki lima Sekolah Dasar (SD) yang lain di sekitar Ibu Kota Nusantara,” ujar Jokowi dalam sambutannya dalam acara tersebut.

SDN 020 Sepaku berada di lokasi rawan banjir, sehingga kegiatan belajar-mengajar terganggu.

Pemerintah daerah berkolaborasi dengan pihak Astra kemudian berinisiatif untuk membangun kembali sekolah di lokasi yang lebih aman, dengan meningkatkan sarana dan prasarana yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com