Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duplikasi Jembatan Pulau Balang Tuntas Agustus 2024, Hubungkan IKN-Balikpapan

Kompas.com - 17/02/2024, 14:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pembangunan duplikasi jembatan bentang pendek Pulau Balang sebagai penghubung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) telah menembus progres 71,02 persen.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga menyebutkan, perkembangan konstruksi fisik tersebut ditung per 8 Februari 2024.

Danis memastikan, duplikasi bentang pendek Jembatan Pulau Balang ditargetkan rampung pada bulan Agustus 2024.

"Targetnya Juli-Agustus ini (2024)," ujar Danis, dilansir dari Antara, Sabtu (17/2/2024).

Untuk diketahui, Pemerintah menduplikasi bentang pendek Jembatan Pulau Balang karena jembatan yang ada saat ini belum mampu menampung arus lalu lintas saat IKN kelak setelah terbangun.

Baca juga: Tol IKN Punya Jembatan Penyebrangan Orangutan hingga Bekantan

Duplikasi bentang pendek Jembatan Pulau Balang dirancang sama panjang dengan bentang pendek Jembatan Pulau Balang, yakni 470 meter yang telah rampung dibangun Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada 2015.

Jembatan Pulau Balang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan Kota Balikpapan, dan juga terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Selain itu, Jembatan Pulau Balang juga bakal menghubungkan Bandara Naratetama atau Bandara VVIP sebagai pendukung transportasi IKN.

Adapun anggaran pedoman perancang jembatan pelengkung atau independent proof check (IPC) di Kelurahan Pantai Lango, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tercatat Rp 2,1 miliar dan anggaran pembangunan fisik Rp 331,88 miliar.

Anggaran pembebasan lahan dan pembangunan duplikasi bentang pendek Jembatan Pulau Balang bersumber sepenuhnya dari APBN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com