Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Potensi Ragam Komoditas, Kalteng Siap Jadi Penyangga Pangan IKN

Kompas.com - 20/02/2024, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki potensi besar untuk memproduksi komoditas tanaman pangan.

Ragam komoditas tersebut antara lain padi, jagung, dan kedelai serta komoditas hortikultura yang meliputi pisang, jeruk, nanas, buah naga, dan lainnya.

Oleh karena itu Pmerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng sangat siap menjadi penyangga maupun pendukung utama pangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengungkapkan, sejak tahun 2023, Gubernur Kalteng telah mulai membangun Close House atau Apartemen Ayam dan membangun pabrik pengolahan pakan.

Baca juga: 800.000 Orang Bakal Masuk IKN dan Kaltim, Lumbung Pangan Dibenahi

Selain itu, di sektor perberasan, juga mulai dibangun dua unit pabrik pengolahan, yaitu Rice to Rice dan Rice Milling Plant. Sedangkan untuk bidang hortikultura, dibangun Green House Smart Farming.

"Namun, tentunya masih banyak hal yang harus kami pelajari dan selesaikan," ujar Edy dilansir dari Antara, Selasa (20/2/2024).

Untuk semakin memantapkan program tersebut, Pemprov Kalteng melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung.

Kunjungan ini sebagai tindak lanjut arahan Gubernur Kalteng terkait pengembangan produksi tanaman pangan khususnya jagung dan tanaman hortikultura mulai hulu sampai hilirisasinya.

"Kami melaksanakan kunjungan kerja ini dengan tujuan dan maksud yang baik, yakni menimba ilmu dan pengalaman di Lampung yang kami nilai telah sukses dalam menerapkan hilirisasi pertanian," tutur Edy.

Baca juga: Tiga Raksasa di Balik Transformasi HTI Jadi Hutan Hujan Tropis

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pun membuka diri untuk menjalin kerja sama antar daerah. Lantaran menurutnya saat ini pembangunan perekonomian daerah tidak bisa lagi dilakukan sendiri-sendiri.

"Antar daerah harus saling berkolaborasi, membangun jaringan, sharing teknologi dan pembelajaran, berbagi pengalaman, juga bersama-sama mendorong daya saing daerah yang potensinya tentu beragam antara satu daerah dengan daerah lain," cetus Arinal.

Dia berharap melalui kunjungan maupun pertemuan tersebut dapat dijajaki bersama bentuk-bentuk sinergi dan kolaborasi konkret dalam rangka membangun perekonomian daerah agar semakin kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com