Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2024, 07:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Terdapat tiga perusahaan skala besar yang terlibat dalam transformasi hutan tanaman industri (HTI) di ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur, menjadi hutan hujan tropis.

Transfomasi ini telah dimulai saat groundbreaking Miniatur Hutan Hujan Tropis Nusantara yang dilaksanakan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sub-WP 1A pada Rabu (20/12/2023).

Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Multi Harapan Utama (MHU), PT Tirta Investama (Danone Indonesia) dan PT Indo Tambangraya Megah (ITM). 

Perusahaan-perusahaan ini memberi perhatian khusus mengenai pelestarian alam dan keanekaragaman hayati serta pembangunan yang berkelanjutan.

Siapa trio entitas bisnis tersebut?

Baca juga: Infrastruktur Sekolah Negeri di IKN akan Diperbaiki

MHU merupakan anak usaha MMS Group Indonesia (MMSGI). MMSGI dikenal sebagai perusahaan energi berkelanjutan yang mempunyai tiga pilar bisnis utama yaitu MMS Resources, MMS Land dan MMS Solution dengan lokasi yang tersebar di Indonesia.

Dikutip dari laman resminya, MHU merupakan salah satu portofolionya yang memegang lisensi Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) di Kalimantan Timur yang berada di bawah MMS Resources.

MMSGI berawal dari MMS Resources yang bergerak di bidang perdagangan dan pertambangan batubara, berkembang dan melakukan diversifikasi bisnis ke sektor properti melalui MMS Land dan bisnis berkelanjutan dengan MMS Solution.

Melalui tiga pilar tersebut, MMSGI mempunyai visi untuk terus mendukung pengembangan Indonesia yang lebih hijau untuk masa depan yang lebih baik serta menjadi perusahaan energi berkelanjutan yang tepercaya.

Dalam kaitannya turut berkontribusi membangun IKN, MHU mengembangkan 30 hektar area Miniatur Hutan Hujan Tropis. Selain itu, MHU juga turut serta membangun kawasan Hutan Lindung seluas 1.000 hektar.

Partisipasi MHU merupakan salah satu wujud nyata implementasi nilai Perusahaan yang diturunkan dari MMSGI sebagai perusahaan induk.

Kesempatan ini merupakan momen yang membanggakan, Perusahaan dapat berkontribusi dalam program landmark pemerintah untuk Indonesia yang lebih hijau.

Peresmian Miniatur Hutan Hujan Tropis di IKN Nusantara oleh Presiden Joko Widodo. DOK. PT TIRTA INVESTAMA Peresmian Miniatur Hutan Hujan Tropis di IKN Nusantara oleh Presiden Joko Widodo.
CEO MMS Group Indonesia Sendy Greti mengatakan MMSGI dan seluruh ekosistemnya mempunyai visi untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

"Dalam kesempatan ini kami merasa terhormat dapat berkontribusi langsung dalam program yang mendukung Pembangunan IKN sebagai Kota Hutan Berkelanjutan yang sejalan dengan agenda Indonesia Net Zero Emission 2060," tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, COO MHU Faiz Fauzan mengatakan, IKN sebagai Kota Hutan Berkelanjutan merupakan program strategis pemerintah, selalu siap didukung perusahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com