Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sebatas Kata-kata, Penajam Paser Utara Dukung IKN dengan Nyata

Kompas.com - 25/02/2024, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.com - Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menegaskan dukungannya terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dukungan kami tidak sebatas kata-kata, tapi juga dalam bentuk tindakan nyata. Kami akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk menyukseskan pembangunan IKN,” tutur Makmur.

Dia memastikan hal itu kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian terkait kontribusi dan dukungan yang telah diberikan oleh Pemkab PPU. Kunjungan Tito ke IKN berakhir Kamis (22/2/2024).

Baca juga: Garuda Raksasa Itu Tampak Berdiri Megah di Ibu Kota Nusantara

Salah satunya adalah dalam hal penyelesaian pembebasan lahan untuk Bandara Naretatama atau VVIP IKN.

Kepada Tito, Makmur juga menyampaikan upaya Pemkab PPU dalam mendukung pembangunan jalan tol dari Km 13 Balikpapan menuju IKN.

Kemudian, Makmur juga menyampaikan bahwa pembangunan bandara VVIP ini tidak boleh terhalang ganguan ataupun halangan dari masyarakat yang tentunya tidak memiliki kekuatan hukum.

“Oleh karena itu kami tetap melakukan persuasi kepada masyarakat. Artinya kalau kebutuhan masyarakat, kepentingan masyarakat kita harus penuhi dan harus kita lindungi," ucap Makmur.

Namun demikian, sambung dia, sejauh ini tidak ada masyarakat yang mencoba mangaku menghalangi proses-proses pembangunan bandara VVIP tersebut.

Baca juga: Kaltim All Out Dukung IKN, Bebaskan Lahan Bandara VVIP dan Jalan Tol

Pembangunan bandara VVIP IKN ini, menurutnya, wajib terus dikawal pelaksanaan pembangunannya.

"Apalagi akhir Juli mendatang ditargetkan presiden sudah akan mendarat di sini. Tinggal beberapa bulan kedepan,” kata Makmur.

Untuk itu dirinya berharap tahapan pembangunan bandara tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan yang berarti.

Termasuk terkait dampak sosial kepada masyarakat terhadap pembangunan bandara VVIP diharapkan segera tuntas untuk memudahkan proses pengerjaan di lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com