Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltim "All Out" Dukung IKN, Bebaskan Lahan Bandara VVIP dan Jalan Tol

Kompas.com - 23/02/2024, 10:15 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menegaskan Kaltim akan terus all out memberi dukungan maksimal untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penegasan itu disampaikan Pj Gubernur Akmal Malik saat mendampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan ke IKN, Kamis (22/2/2024).

Akmal menjelaskan, dukungan Pemprov Kaltim dan jajaran Forkopimda sudah dilakukan dengan maksimal.

Baca juga: UPDATE Dormitori ASN di IKN, Dilengkapi Furnitur dan Siap Huni Agustus

Terutama dalam membantu penyelesaian pembebasan lahan untuk Bandara VVIP IKN dan Jalan Tol dari Km 13 Balikpapan menuju IKN.

"Tapi saya tadi juga minta arahan Pak Mendagri agar kita bisa memberi kontribusi lebih besar, sebab tantangan ke depan pasti juga semakin besar," ujar Akmal.

Tito dan Akmal mengunjungi tiga lokasi pembangunan IKN yaitu Istana Presiden, Plaza Seremoni (ruang untuk aktivitas publik dan seni budaya), dan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM).

Disebutkan, progres pembangunan Istana dan Lapangan Upacara dikerjakan dengan durasi 632 hari. Target rampung akhir Juli 2024. Total nilai proyek dua infrastruktur itu adalah Rp 1,3 triliun.

Hingga saat ini, realisasi proyek mencapai 55,16 persen dari rencana 51,43 persen. Jadi ada deviasi positif 3,74 persen.

Baca juga: Perusahaan Konstruksi Terbesar Asia Tengah Jajaki Investasi di IKN

Dengan progres yang positif itu, Tito optimistis upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada  17 Agustus mendatang bisa digelar sesuai rencana dan akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Permintaan Tito

Akmal mengungkapkan, dalam kunjungan kerja tersebut Tito meminta dirinya untuk terus membantu menyukseskan pembangunan IKN.

Menurutnya, Tito kagum dengan kemajuan luar biasa dalam pembangunan IKN dan mengapresiasi kolaborasi Pemerintah Provinsi Kaltim dan Forkompimda.

"Terima kasih untuk Pemerintah Provinsi Kaltim, Forkopimda dan seluruh kabupaten kota di Kaltim yang telah memberi dukungan sangat maksimal untuk IKN," kata Akmal menirukan ucapan Tito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com