Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Serahkan 2 Sertifikat HP Tanah 49,7 Hektar di Kutai Kartanegara

Kompas.com - 29/02/2024, 11:53 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan dua Sertifikat Hak Pakai (HP) tanah 49,7 hektar yang diperuntukkan bagi Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Penyerahan berlangsung di Kodam VI/Mulawarman, Kota Balikpapan, Kaltim, Rabu (28/2/2024).

Dalam sambutannya, AHY mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghadirkan keadilan khususnya kepastian hukum hak atas tanah, termasuk aset negara seperti aset Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca juga: AHY Bakal Serahkan 4 Sertifikat Tanah Milik Nirina Zubir dan Berantas Mafia Tanah

Adanya sertipikat tanah diharapkan bukan hanya memberikan kepastian hukum atas aset TNI, namun juga bisa memitigasi adanya sengketa tanah dengan berbagai pihak.

Menurutnya, penyerahan sertifikat ini bisa menjadi awal pembangunan fasilitas dari Kogabwilhan II.

"Tentunya, mudah-mudahan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya karena ini menjadi awal yang baik, secara resmi kali ini," ujar AHY dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Kamis (29/2/2024).

AHY melanjutkan, dalam waktu dekat, pembangunan Markas Kogabwilhan II bisa segera dilanjutkan.

"Bukan hanya fasilitas komandonya saja, tapi juga perumahan bagi para perwira karena ini sangat diperlukan," sambung dia.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Tri Budi Utomo mengungkapkan, dua sertifikat yang diserahkan kali ini diperuntukkan atas tanah seluas 49,7 hektar yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dirinya pun sepakat, adanya sertifikat bisa memudahkan pembangunan di Kogabwilhan II.

"Tentunya, ini sangat membantu dalam upaya pengembangan gerak satuan, khususnya dalam pembangunan sarana prasarana. Sehingga, dapat meningkatkan semangat motivasi kepada seluruh prajurit," pungkas Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com