Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2024, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com Groundbreaking proyek non-APBN di Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap enam akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono mengatakan, bakal ada investor swasta yang bergabung kali ini.

"Ada, swasta ada. Nanti aja spill-nya," kata Agung saat ditemui usai market sounding investor perumahan IKN di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Sementara groundbreaking keenam pasca-Hari Raya Idul Fitri nanti akan fokus pada sektor pendidikan.

"Ada (swasta) karena pendidikan kan pasti ada swasta, tetapi juga kita harapkan seperti yang ada kemarin di groundbreaking ketiga ada sekolah negeri yang direvitalisasi oleh swasta. Itu kita harapkan bisa begitu tetapi yang swasta murni juga kita pastikan ini ada untuk sekolah ya," lanjut Agung.

Pada kesempatan tersebut, Agung juga menjelaskan terkait absennya invetor swasta pada groundbreaking kelima Februari 2024 kemarin.

Baca juga: Cara Bandara Sepinggan Raup Penyewa Ritel dari Peluang Masifnya IKN

"Sebenarnya yang penting adalah investasi dan dananya non-APBN," jelas Agung.

Adapun groundbreaking lima IKN bertabur proyek bank garapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Namun demikian, Agung membocorkan sejatinya sudah ada bank swasta yang ikut hadir di lokasi saat groundbreaking lima dilaksanakan.

"Kemarin sudah ikut ke lokasi (bank swasta) tetapi mungkin belum dapat lokasi yang cocok saja. Kita namanya jualan, namanya lahan kan harus dapat yang cocok," tuntas Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com