Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut HUT ke-79 RI di IKN, Kodam Mulawarman Kejar Persiapan Sarana dan Prasarana

Kompas.com - 23/04/2024, 14:36 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Sejumlah persiapan jelang upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tahun 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dilakukan dengan cermat.

Hal ini mengingat pelaksanaan upacara tersebut merupakan kali pertama dilakukan di ibu kota baru Indonesia.

Berbagai kesiapan baik sarana maupun prasarana terus dikejar pengerjaannya, tak terkecuali Kodam VI/Mulawarman Kalimantan Timur (Kaltim) selaku Komando Utama Kewilayahan yang merupakan satuan TNI yang mencakup wilayah IKN.

Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Kristiyanto menuturkan, persiapan ini termasuk latihan seluruh pasukan pengamanan VVIP, Pasukan Protokol (Pasprot), Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), kegiatan Apel Kehormatan Renungan Suci (AKRS), kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke IKN, dan Pasukan Konvoi.

Baca juga: 10-16 Agustus 2024, Paskibraka Latihan di IKN

Kemudian latihan Upacara Penganugerahan Gelar Tanda Kehormatan, Pengukuhan Paskibraka, Detik-Detik Pengibaran dan Penurunan Sang Merah Putih, Tembakan Kehormatan (Bakhor) dan disposisi serta komposisi personel dan materiil yang terlibat.

"Latihan di IKN terkait seluruh rangkaian upacara yang diikuti seluruh pasukan pengamanan, paskibraka, dan personil yang terlibat, akan dilaksanakan pada tanggal 10-16 Agustus 2024," tegas Kristiyanto kepada Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Kristiyanto menjelaskan, khusus pengamanan VVIP, Pangdam VI/Mulawarman selaku Dansatgaspamwil di bawah kendali Pangkogabwilhan II selaku Pangkogasgabpad akan melaksanakan kegiatan tersebut.

Pengamanan VVIP ini dilakukan oleh pasukan dari satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman, dan didukung anggota Polda Kaltim, Kesbangpol, Satpol PP, dan BNPT.

Baca juga: 1.000 Petugas Upacara HUT ke-79 RI Bakal Menginap di Rusun ASN IKN

"Tidak menutup kemungkinan, personel Kodam VI/Mulawarman akan berkolaborasi dengan personel dari Kodam-Kodam lain untuk melaksanakan pengamanan VVIP nantinya," ujarnya.

Selain itu, Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Bayu Permana yang ditunjuk selaku Koordinator Pelaksanaan Upacara sedang melakukan koordinasi-koordinasi dengan Mabes TNI, Mabes TNI Angkatan dan satuan jajaran TNI di wilayah Kodam VI/Mulawarman.

Seleksi

Perlu diketahui bahwa TNI Angkatan Darat pada tanggal 18 April 2024 telah melaksanakan seleksi di Markas Besar Angkatan Darat.

Mereka yang lulus seleksi akan melaksanakan seleksi lagi pada tanggal 22-26 April 2024 di tingkat pusat untuk ditunjuk sebagai Komandan Upacara, Komandan Kompi Paskibraka dan Master of Ceremony (MC), dan akan diumumkan pada tanggal 30 April 2024.

Baca juga: Kejar HUT ke-79 RI, Dibangun 12 Tower Tambahan Hunian Pekerja Konstruksi IKN

Kemudian pada tanggal 22 April 2024 lalu terdapat kegiatan pengawalan munisi hampa 105 mm yang akan digunakan untuk kegiatan Tembakan Kehormatan saat pelaksanaan detik-detik proklamasi dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Semayang.

Sementara Paskibraka telah memulai latihan pada tanggal 22 Juli hingga 31 Juli 2024 di Cibubur, Jakarta Timur, dan akan dilanjutkan pada 10-16 Agustus 2024 di IKN.

Di Tingkat Mabes TNI, saat ini Staf Operasi terus melaksanakan rapat-rapat koordinasi dengan satuan jajaran TNI terkait rencana pergeseran pasukan peserta upacara dan alutsista dari Jakarta menuju IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com