Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Petugas Upacara HUT ke-79 RI Bakal Menginap di Rusun ASN IKN

Kompas.com - 20/04/2024, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 1.000 orang petugas upacara peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-79 tahun akan menginap di rumah susun (rusun) aparatur sipil negara (ASN) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga saat ditemui di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (19/4/2024).

"Jadi dalam rangka mendukung itu, kita sudah menyiapkan kontrak 47 tower rusun, sekitar Juli (2024) 12 tower selesai," kata Danis.

Rinciannya, masing-masing tower memiliki 60 unit kamar yang bisa digunakan dengan sistem sharing.

Sehingga pada Juli 2024 mendatang, sebanyak 720 unit kamar rusun ASN siap untuk menampung para petugas upacara kemerdekaan selama berada di IKN.

Adapun per April 2024, progres rata-rata proyek rusun ASN IKN sudah mencapai 35 persen.

Baca juga: Kantor Prabowo di IKN Dilengkapi Hutan Kota, Dijamin Lebih Hijau

Rusun ASN IKN ini akan diselesaikan secara bertahap, yakni sebanyak 12 tower rusun selesai dibangun pada Juli 2024, kemudian pada September 2024 selesai 21 tower, dan November-Desember 2024 selesai 47 tower.

Selain itu, Kementerian PUPR juga tengah menggeber pembangunan Kantor Presiden, Istana Negara, dan Lapangan Upacara sebagai unsur utama infrastruktur IKN.

"Kalau Kantor Presiden 80 persen, Istana Negara dan Lapangan Upacara 63 persen. Jadi secara rata-rata sudah 70 persen lebih," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com