Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finlandia Bakal Terapkan "Smart Intelligence Sign" di Tol Balikpapan-IKN

Kompas.com - 23/05/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Finlandia akan menjadikan Jalan Tol Balikpapan-Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai proyek percontohan smart intelligence sign.

Hal ini menyusul pertemuan bilateral antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (22/5/2024).

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman pada Januari 2024 silam.

Baca juga: IKN Raup Komitmen Pendanaan dari Korsel untuk Penyediaan Air Minum

Menurut Basuki, smart intelligence sign merupakan bentuk dukungan Finlandia terutama dalam pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan demi mewujudkan visi IKN sebagai smart forest city.

“Kita akan melakukan pilot project untuk sistem jalan tol ini di Tol Balikpapan-IKN. Kalau setelah itu hasilnya bagus kita bisa tingkatkan implementasinya,” kata Basuki.

Kementerian PUPR telah merencanakan untuk mengimplementasikan smart system di IKN, sekaligus mempertimbangkan advis smart building system dari Finlandia.

Baca juga: Pengaspalan Perdana IKN, Jalan Sumbu Kebangsaan Jadi Prioritas

Basuki pun menyampaikan terima kasih atas dukungan Finlandia terhadap pembangunan smart city IKN.

"IKN didesain untuk masa depan, untuk itu kita akan menggunakan smart system. Kami butuh advis dari Finlandia karena memiliki teknologi yang tinggi. Jika Finlandia bisa, saya yakin Indonesia juga bisa,” tutur Basuki.

Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio mengatakan senang menjadi bagian dari pembangunan IKN.

“Saya harap melalui pertemuan ini kita bisa mempererat kolaborasi pada masa depan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com