Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raksasa UEA Bangun Energi Terbarukan 200 MW di IKN, Kelayakannya Diuji

Kompas.com - 23/05/2024, 15:50 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Abu Dhabi Future Energy Company PJSC (Masdar) berencana melakukan studi kelayakan pengembangan proyek energi terbarukan sebesar 200 MegaWatt (MW).

Ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk membangun energi terbarukan sebesar 2 GigaWatt (GW) di IKN.

Komitmen ini diperkuat lewat pemberian Letter to Proceed (LtP) studi kelayakan oleh Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono kepada Direktur Pengembangan dan Investasi Masdar Abdulla Zayed, Selasa (21/5/2024).

Seremonial tersebut juga disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, Indonesia berkomitmen menjadikan IKN sebagai kota yang memprioritaskan aspek keberlanjutan.

"Dengan memprioritaskan energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin, maka hal ini akan menempatkan Nusantara sebagai model kota ramah lingkungan yang memanfaatkan energi bersih," kata Bambang.

Baca juga: 8 Paket Pengadaan Tanah di IKN Beres, Ini Rinciannya

Sementara Chief Executive Officer Masdar Mohamed Jameel Al Ramahi menyampaikan bahwa Uni Emirat Arab (UEA) tetap berkomitmen kuat untuk memajukan sektor energi Indonesia, dengan berfokus kepada energi terbarukan.

"Sejalan dengan Konsensus UEA yang dicapai pada COP28, Masdar berdedikasi untuk menjalin kemitraan yang memberikan solusi transformatif untuk akses ke energi bersih," ucapnya.

Upaya Masdar akan mendorong investasi di bidang hidrogen hijau, tenaga surya, dan angin untuk memposisikan Indonesia sebagai pemimpin kawasan dalam transisi energi global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com