Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Melaju, Tol IKN 3A Karangjoang-KKT Kariangau Tembus 77,45 Persen

Kompas.com - 26/05/2024, 09:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Salah satu infrastruktur konektivitas yang akan digunakan sebagai pendukung perhelatan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah jalan tol.

PT Hutama Karya (Persero) sebagai pelaksana konstruksi Jalan Tol Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau terus mempercepat pembangunannya.

Ada sejumlah strategi yang ditempuh guna merealisasikan proyek ini sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, agar sebagian bisa digunakan para tamu undangan HUT RI.

Menurut Executive Vice President (EVP) Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim, saat ini progres pembangunan Tol IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau tembus 77,45 persen.

Baca juga: Konglomerat Properti Pemilik Burj Khalifa Dubai Kunjungi IKN, Ditemani Erick Thohir

"Kami menerapkan sejumlah strategi percepatan agar tidak terjadi deviasai," ucap Adjib kepada Kompas.com, Jumat (24/5/2024).

Strategi percepatan tersebut tak hanya untuk proyek jalan tol, juga delapan proyek lainnya yang digarap perseroan.

Di antaranya meningkatkan kolaborasi dan koordinasi yang efektif dengan stakeholder dan pihak terkait utamanya terhadap percepatan lahan yang masih berproses.

Kemudian memperluas pemasok serta pengajuan alternatif material dengan memastikan agar pasokan berjalan dengan baik.

"Selanjutnya, optimalisasi sumber daya manusia (SDM) yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan," imbuh Adjib.

Baca juga: Masjid Negara IKN Berkubah Sorban Kini Menunjukkan Progres 4,23 Persen

Terakhir, evaluasi pekerjaan secara real time dan berkala.

Adapun guna mendukung percepatan tersebut, perseroan memanfaatkan ragam teknologi digital, seperti penggunaan Building Information Modelling (BIM) agar pekerjaan lebih efisien dan tepat sasaran.

Kemudian penggunaan MiliMeter GPS (MMGPS) pada pekerjaan pengaspalan, dan penggunaan Intelligent Compactor untuk memudahkan dan mempercepat pengendalian mutu pekerjaan timbunan.

Selanjutnya penerapan dashboard pemantauan GPS untuk mengawasi pergerakan alat berat, dan penggunaan Augmented Reality untuk memastikan kesesuaian dan mutu pekerjaan.

Berikutnya pemetaan dan pemantauan proyek menggunakan drones serta pengambilan dokumentasi atas progres lapangan yang menghasilkan visual dalam bentuk 3D dengan menggunakan Fotogrametri.

Uji coba

Jalan Tol Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau dirancang sepanjang 13,4 kilometer. Tol ini merupakan bagian dari tiga tol yang akan diuji coba.

Baca juga: Buka Peluang Bisnis Properti, IKN Berpotensi Jadi New Smart Hub

Dua lainnya adalah Jalan Tol IKN Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 kilometer dengan proges 80 persen, dan Jalan Tol IKN Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 kilometer dengan progres 82 persen.

Jalan Tol IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 Kariangau, sehingga tidak perlu melewati Tol Balsam hingga KM 33, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN yang membutuhkan waktu kira-kira 1 jam 30 menit.

Tol IKN sepanjang 27 kilometer dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang inilah yang akan dimanfaatkan untuk mendukung perhelatan HUT ke-79 RI sebanyak tiga lajur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com