Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transportasi Berkelanjutan IKN Diwacanakan Tiru Aglomerasi Jadebotabek

Kompas.com - 25/05/2024, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur bersinergi membangun sistem transportasi publik berkelanjutan, yang menghubungkan antara daerah penyangga dengan ibu kota negara baru Indonesia.

"Pengembangan transportasi publik yang inklusif dan berkelanjutan menjadi fokus kami dalam upaya mengatasi tantangan mobilitas di Ibu Kota Nusantara (IKN)," kata Tenaga Ahli Bidang Perencanaan Transportasi Otorita IKN Maulana Rizki Nugraha di Samarinda, Jumat (24/5/2024).

Maulana mengatakan, prioritas utama adalah memperkuat sistem transportasi dalam kota, namun dengan perhatian yang sama pada koneksi antarkawasan perkotaan, terutama menghubungkan IKN dengan Balikpapan sebagai gerbang utama.

Baca juga: Buka Peluang Bisnis Properti, IKN Berpotensi Jadi New Smart Hub

Fokus awal adalah memfasilitasi akses dari kawasan perkotaan di sekitar IKN ke kawasan eksisting seperti Balikpapan, Tenggarong, Samboja, dan Muara Jawa.

"Upaya ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat pada kendaraan pribadi dan mendorong penggunaan transportasi publik," ujarnya.

Namun, lebih dari itu integrasi juga penting untuk menghindari kesenjangan antara IKN dan pembangunan di kota-kota penyangga Kalimantan Timur.

Salah satu konsep yang menjadi rujukan adalah aglomerasi, yakni mengurangi kesenjangan antara IKN dan daerah sekitarnya.

Sebagaimana dikatakan Sekretaris Dinas Perhubungan Kalimantan Timur Yuki Subekti bahwa dengan menciptakan kawasan aglomerasi yang sejajar, tidak akan ada lagi perbedaan layanan yang signifikan antara pusat dan daerah penyangga.

Ia mencontohkan aglomerasi yang berhasil di Jabodetabek, di mana DKI Jakarta dan daerah sekitarnya seperti Bogor, Bekasi, dan Tangerang telah menjadi satu kawasan aglomerasi.

Baca juga: Ini Progres Terbaru Proyek Kantor Kemenko 3 Bidang Polhukam di IKN

Hal ini memungkinkan layanan transportasi yang terintegrasi tanpa membedakan pelayanan dari pusat atau daerah.

"Kami tengah merancang cetak biru transportasi Kalimantan Timur yang mencakup konsep aglomerasi, dengan fokus pada penyesuaian rancangan transportasi di Kalimantan Timur agar sejajar dengan IKN," kata Yuki.

Kendaraan listrik

Kerja sama Otorita IKN dengan Dinas Perhubungan Kalimantan Timur dan Balai Pengelola Transportasi Darat diharapkan dapat memperkuat upaya ini.

Mereka juga sedang berkoordinasi dengan Damri untuk mengoptimalkan layanan transportasi eksisting, termasuk layanan perintis, sebagai langkah awal sebelum beralih ke kendaraan listrik.

Peningkatan keselamatan menjadi prioritas, terutama di kawasan dengan lalu lintas tinggi dan banyak sekolah.

Baca juga: Raksasa UEA Bangun Energi Terbarukan 200 MW di IKN, Kelayakannya Diuji

Penyediaan fasilitas keselamatan di sekitar kawasan tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Maulana juga menyoroti transportasi publik harus menjadi budaya di masyarakat, dengan tujuan jangka panjang mencapai net zero emission pada tahun 2045.

Langkah pertama adalah menerapkan bus perkotaan, diikuti dengan penghubungan Balikpapan dan IKN.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com