Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Kebakaran Kilang, KPI Balikpapan Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Kompas.com - 25/05/2024, 13:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi di CDU IV Lipang Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mampu diatasi KPI Unit Balikpapan.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Hermansyah Y Nasroen mengungkapkan, api tuntas dipadamkan oleh Tim Pemadam KIlang Balikpapan pada pukul 07.30 WITA.

"Sudah padam sejak pukul 07.30 WITA pagi," ujar Hermansyah kepada Kompas.com, Sabtu (25/5/2024).

General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat menambahkan, tidak ada korban jiwa atas kejadian ini.

Menurut Bayu, lokasi kejadian kebakaran masih berada di area kilang sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat.

Namun demikian, pihaknya akan terus memastikan bahwa kejadian ini tidak memberikan dampak pada masyarakat sekitar kilang.

Baca juga: Pertamina dan Bakrie Terlibat dalam Pembangunan Knowledge Hub IKN

"Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan supply ke masyarakat tidak terganggu," ungkap Bayu.

Saat ini, Tim Pemadam Kilang Balikpapan fokus pada upaya pendinginan area kejadian untuk mencegah timbulnya api kembali.

Tim Pemadam Kilang Balikpapan didukung oleh 8 unit mobil pemadam diturunkan dalam kejadian tersebut.

Baca juga: Pertamina Pastikan Stok BBM, LPG serta Avtur di Kalimantan Timur Aman

Pemadam statis (fire ground) yang berada di sekitar lokasi pun diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisir sumber panas. Saat ini, tim terus memastikan tidak ada sumber panas di area kejadian aman.

"Alhamdulillah, Tim Pemadam telah berhasil menguasai kondisi dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," ungkap Bayu.

"Sekali lagi terima kasih kepada seluruh stakeholder atas doa dan dukungan yang diberikan, sehingga kejadian ini dapat segera ditangani dengan maksimal," pungkas Bayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com