Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2024, 15:18 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, salah satu tantangan pengembangan IKN saat ini berkaitan erat dengan layanan logistik.

Guna menjawab tantangan tersebut, PT Bina Karya selaku Badan Usaha OIKN menggandeng PT Pos Indonesia (Persero) untuk mendukung layanan logistik di Nusantara.

Kerja sama tersebut diresmikan dalam kegiatan Government Logistics Gathering di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Jaka Santos menjelaskan, peran OIKN sangat besar dalam pelaksanaan 4P yang termuat dalam Undang-undang (UU) Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

4P tersebut meliputi, perencanaan, pembangunan, pemindahan, dan pelaksanaan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Negara yang mengharuskan kolaborasi dari seluruh pihak baik kementerian/lembaga/pemerintah daerah, badan usaha, dan masyarakat.

"OIKN selalu menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) atau tata kelola lingkungan dan sosial, dengan demikian segala program yang kami lakukan harus dapat diperhitungkan produksi karbon dan bagaimana menyeimbangkannya," ucap Jaka, dikutip dari keterangan resmi.

Baca juga: Kehadiran IKN Dorong Pembangunan Merata di Seluruh Indonesia

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan, kerja sama yang terjalin merupakan sinergi baik untuk mencapai tujuan logistik terintegrasi.

Selain itu, Pos Indonesia akan memberikan dukungan penuh atas gerakan-gerakan yang dilakukan OIKN.

"PT Pos Indonesia akan mendukung kebijakan yang ada dengan konsep green logistic," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com