Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bakal Menginap di Rumah Menteri saat "Groundbreaking" Ke-6 IKN

Kompas.com - 03/06/2024, 15:06 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menginap di rumah tapak jabatan menteri Ibu Kota Nusantara (IKN) pada groundbreaking ke VI.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers di Istana Presiden, dikutip dari tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden, Senin (3/6/2024).

"Nanti Presiden mau ke IKN nginap bukan di camping lagi tapi sudah di rumah jabatan menteri, menunjukkan bahwa ini sudah siap," kata Basuki.

Basuki juga melaporkan bahwa saat ini pembangunan infrastruktur IKN tahap I dan II sudah menyentuh progres 80 persen.

"Kalau sekarang ini dari APBN sudah masuk sudah sampai 80 persen pembangunan batch I maupun Batch II," ucap Basuki.

Sementara untuk persiapan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024, Basuki mengatakan bahwa skenarionya sedang disiapkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Baca juga: Gedung Pemerintahan di Jakarta Ditinggal Pejabat ke IKN, Bisakah Dijadikan Hunian Pekerja?

"Kalau untuk 17 Agustus-an saya kira Pak Mensesneg sudah mempunyai skenario simulasinya, besok akan kita lakukan," tuturnya.

Sebagai informasi, Basuki resmi menjabat sebagai Plt Kepala OIKN setelah keluarnya keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono dari jabatan Kepala OIKN dan Donny Rahajoe dari Wakil Kepala OIKN.

Adapun posisi Plt Wakil Kepala OIKN saat ini diduduki oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com