Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan Terkini IKN: Jalan Sumbu Kebangsaan Makin Cantik

Kompas.com - 03/06/2024, 09:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Jelang kedatangan Presiden Joko Widodo dalam rangkaian peletakan batu pertama atau groundbreaking ke-6 untuk sektor investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 4-5 Juni 2024, sejumlah infrastruktur dasar terus dipersolek.

Salah satu di antaranya adalah Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Tampak pekerjaan pengaspalan ulang, penataan lanskap, pengaturan vegetasi, perapian dan pengecatan jalur pejalan kaki atau pedestrian way dilakukan secara simultan pada Minggu (2/6/2024) malam.

Baca juga: Anak Muda di Antara Kegelisahan dan Negosiasi Pembangunan IKN

Sudah terpasang street furniture yang didesain tahan perubahan cuaca, penerang jalan umum (PJU) dengan desain artistik, pepohonan, tanaman bunga, dan vegetasi lainnya, dan guiding block yang berfungsi sebagai pemandu kalangan penyandang disabilitas.

Di sisi kanan jalan mengarah ke ekosistem pemerintahan, terdapat tulisan besar Nusantara pada permukaan batu andesit, yang dihiasi lampu warna warni.

Kendati diselingi hujan, namun para insinyur dan pekerja konstruksi bersemangat untuk menuntaskan infrastruktur dasar yang merupakan bagian dari pembangunan Batch I ini.

Selain untuk kedatangan Presiden Joko Widodo, beautifikasi Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat juga untuk menyambut upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua Satgas Pelaksanaan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga kepada Kompas.com, Senin (3/6/2024) mengatakan, beautifikasi ini terus dikerjakan kendati hujan terjadi terus menerus.

Baca juga: Sehari Bersama Operator TC Proyek IKN, Bertaruh Nyawa demi Rasa Bangga

"Memang kendalanya hujan. Tapi itu tak menghentikan Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) melakukan eskalasi pekerjaan hingga tuntas dan bisa digunakan pada saat uji coba nanti," tutur Danis.

Menurut Danis, Jalan Sumbu Kebangsaan menjadi salah satu infrastruktur yang diprioritaskan di KIPP sebagai jalur utama IKN yang akan dituntaskan seluruhnya.

Untuk diketahui, Jalan Sumbu Kebangsaan mencakup Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat dan Sisi Timur. Keduanya merupakan salah satu akses utama yang dibangun untuk mendukung konektivitas IKN.

Masing-masing membentang sepanjang 2,99 kilometer dan 3,27 kilometer, dan telah dilengkapi terowongan multi utilitas atau multi utility tunnel (MUT).

Pembangunan jalan dan MUT dilakukan berbarengan karena posisi MUT dipasang di bawah tanah atau jalan dengan kedalaman kurang lebih 1,5-2 meter.

Baca juga: Sarat Inovasi, Proyek IKN Gunakan Beton Cepat Kering dan Semen Hijau

Teknologi MUT mengakomodasi tiga komponen, pertama adalah saluran drainase jalan, kedua, pipa air minum dan komponen yang tidak berkaitan dengan listrik, sedangkan ketiga untuk jaringan kabel listrik dan internet ditempatkan di kompartemen terpisah.

Dengan demikian, distribusi air minum di IKN disalurkan melalui MUT, dengan setiap lokasi akan terdapat fasilitas taping air minum.

Selain itu setiap 100 meter terdapat ruang untuk kontrol, di mana petugas perbaikan dan pemeliharaan dapat memasuki MUT melalui manhole.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com