Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2024, 22:04 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Astra Biz Center di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (14/6/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi komitmen PT Astra Internasional yang mendukung pembangunan IKN.

"Saya senang dan mengapresiasi komtimen PT Astra Internasional mendukung IKN dengan membangun Astra Biz Center, komplek layanan yang terintegrasi one stop service di atas lahan seluas 3,4 hektare yang akan melayani 11 merek perusahaan dari Grup Astra," ujar Presiden.

Sementara itu, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Direktur Astra, Rudy, mengatakan pembangunan Astra Biz Center-IKN sejalan dengan konsep Forest City IKN yang menekankan keseimbangan antara pembangunan kota dan kelestarian alam serta lingkungan.

Baca juga: Kala Jokowi Jualan Tanah IKN: Harganya Rp 400.000-Rp 800.000, Besok Bisa Berubah

“Astra Biz Center-IKN merupakan wujud nyata Astra untuk berkontribusi dalam membangun dan mengembangkan IKN sebagai kota hutan lestari (sustainable forest city) serta kota yang layak huni dan dicintai (livable and loveable city) yang sejalan dengan visi Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Kehadiran Astra Biz Center-IKN diharapkan dapat meningkatkan kontribusi Grup Astra dalam memajukan sentra bisnis serta mendorong pertumbuhan ekonomi setempat.

Di Astra Biz Center-IKN akan menjadi pusat layanan dari 11 merek dari perusahaan Grup Astra, yang meliputi Astra Motor, Auto2000, Astra Daihatsu, FIFGROUP, Asuransi Astra, ACC, TAF, United Tractors, ASTRA Infra, SERA, dan Astra Property.


Astra Biz Center-IKN akan mengutamakan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat terhadap produk-produk mobilitas kendaraan roda empat dan roda dua Astra yang dilengkapi dengan berbagai layanan pendukungnya.

Dengan konsep desain green building setinggi dua lantai, Astra Biz Center-IKN  akan dilengkapi dengan pencahayaan alami, material ramah lingkungan, serta peralatan hemat energi.

Baca juga: Gedung Pemerintahan di Jakarta Ditinggal Pejabat ke IKN, Bisakah Dijadikan Hunian Pekerja?

Rancangan Astra Biz Center-IKN juga berfokus pada pedestrian-oriented yang mengutamakan kenyamanan pejalan kaki dengan desain inklusif yang futuristik, menyesuaikan dengan konsep kota masa depan.

Astra Biz Center-IKN akan merupakan Astra Biz Center ketiga di Indonesia. Dua Astra Biz Center lainnya dibangun di Bandung dan BSD City.

Selain itu membangun Astra Biz-Center, Astra juga mendukung pembangunan IKN di bidang pendidikan.

Melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim juga tengah merevitalisasi Sekolah Dasar Negeri 020 Sepaku, di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Astra juga membina 11 sekolah dasar dan 2 sekolah tingkat SMK di kawasan IKN dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan murid berkualitas.

Bersamaan dengan groundbreaking Astra Biz-Center, juga dilakukan groundbreaking Nusantara Botanical Garden. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com