Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Sepaku Semoi Pasok Air Baku IKN dan Kota Balikpapan

Kompas.com - 05/06/2024, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan memasok air baku untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kota Balikpapan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Sepaku Semoi akan memasok air baru sebesar 2.000 liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik untuk Kota Balikpapan.

"Saya kira sudah 100 persen penuh, full 16 juta meter kubik. Bendungan Sepaku Semoi sudah siap menjadi sumber air baku untuk IKN dan Kota Balikpapan 500," kata Menteri Basuki.

Bendungan Sepaku Semoi memiliki luas genangan 322 hektar dengan kapasitas tampung 16,17 juta meter kubik.

Bendungan ini juga diharapkan dapat mereduksi banjir 68 persen kawasan terdampak yakni seluas 1.700 hektar.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berada dibawah tanggung jawab Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Baca juga: Pembangunan Jalan Sumbu Barat Selesai, Kereta Otonom di IKN Diuji Coba Agustus

Pembangunannya menggunakan kontrak tahun jamak 2020-2024 senilai Rp 836 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya-PT Sacna-dan PT BRP (KSO).

Adapun bendungan ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (4/6/2024).

"Bendungan ini akan menjadi sumber air baku di IKN dan sebagian untuk Kota Balikpapan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang ini saya resmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Presiden Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com