Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Bahlil Soal Maruarar Sirait Gabung Konsorsium Nusantara

Kompas.com - 24/01/2024, 14:36 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan soal kabar Maruarar Sirait yang menjadi salah satu investor dalam Konsorsium Nusantara.

Ara diketahui pernah ikut dalam rombongan Konsorsium Nusantara yang dipimpin oleh Agung Sedayu Group saat berkunjung ke IKN.

Ara juga mengunggah gambar dirinya yang sedang berkumpul dengan Aguan, Prajogo Pangestu, Franky Wijaya, dan Boy Thohir dalam Instagram miliknya @maruararsirait.

"Saya coba cek ya, memang waktu itu ikut sama saya, ikut sama saya menemani kelompok konsorsium," ujar Bahlil saat ditemui usai Konferensi Pers di Kantor BKPM, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Menurut Bahlil, dirinya hanya mengurus masalah perizinan investasi dan merasa tidak memiliki hak untuk membongkar susunan konsorsium.

"Saya tidak baca pemilik sahamnya karena saya kan bicara tentang izin dan investasi, pemilik sahamnya kan tidak bagus juga kalau aku bongkar di sini kan," tegas Bahlil.

Baca juga: Pembebasan Lahan Proyek IKN dalam Setahun Telan Rp 1,4 Triliun

Sebagai informasi, Konsorsium Nusantara merupakan kelompok perusahaan raksasa tanah air yang bergabung untuk membangun Hotel Nusantara.

Menurut data Otorita IKN (OIKN), terdapat 10 perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara.

Meliputi, Agung Sedayu Group, Salim Group, Astra Group, Sinarmas Group, Kawan Lama Group, Mulia Group, Pulau Intan, Alfa Group (Alfamart), Barito Pacific, dan Adaro Group.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com