Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Destinasi Wisata Unggulan Balikpapan Siap Sambut Tamu IKN

Kompas.com - 23/06/2024, 13:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menetapkan sepuluh destinasi wisata unggulan untuk dipromosikan jelang HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala DPOP Kota Balikpapan Ratih Kusuma melihat para wisatawan dan tamu yang datang ke Balikpapan, rata-rata ingin melihat IKN.

Baca juga: Bandara VVIP IKN Masuki Tahap Pengaspalan

"Oleh karena itu, DPOP Kota Balikpapan siap bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder lainnya, termasuk Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dan Otorita IKN," kata Ratih.

Berikut 10 destinasi unggulan Kota Balikpapan:

Pantai Manggar, Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).Dok. Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Pantai Manggar, Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
1. Pantai Manggar Segara Sari

Luas Pantai Manggar Sari Segara Sari sekitar 13 kilometer persegi. Luasnya area pantai sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk melakukan beragam aktivitas, mulai bermain boneka pasir, voli pantai, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, para nelayan yang sedang menjaring ikan juga bisa menjadi suguhan pemandangan istimewa.

Pantai Manggar Segara Sari termasuk tempat wisata yang masuk ke dalam administrasi dua wilayah yakni Teritip dan Manggar Balikpapan, dengan jarak tempuh 20 kilometer dari pusat kota Balikpapan.

Objek wisata Pantai Lamaru di Balikpapan, Kalimantan TimurInstagram@pantailamarubalikpapan Objek wisata Pantai Lamaru di Balikpapan, Kalimantan Timur
2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru terletak di pinggiran Kota Balikpapan dengan suasana yang tenang, berbeda dengan Kota Balikpapan yang hiruk pikuk karena tengah berkembang menuju kota metropolitan.

Pantai berkontur landai memanjang ini merupakan pantai pasir yang menawarkan pemandangan Selat Makassar.

Perbedaan dengan pantai lainnya adalah kawasan ini memiliki hamparan pohon Cemara Udang yang membuat pemandanan sekitar tampak hijau dan terasa sejuk.

Sehingga pengunjung tidak perlu menyewa payung untuk berteduh, karena pohon Cemara Udang dapat digunakan untuk berlindung dari sengatan matahari.

Pantai Lamaru memiliki cagar budaya berupa kuburan Jepang yang dilindungi oleh undang-undang mengenai cagar budaya.

Peninggalan sejarah lainnya berupa tugu peringatan yang bertuliskan kanji. Kuburan tersebut dikelola oleh Yayasan Sakura Balindo dan Pemerintah Kota Balikpapan.

3. Pantai Kilang Mandiri

Lokasi Pantai Kilang Mandiri bersebelahan dengan Pantai Banua Patra dan Pantai Kemala Beach, dan berjarak sekitar 1,9 kilometer dari Pelabuhan Semayang Balikpapan Selatan.

Dengan panorama pantai yang memikat, pantai berpasir putih, dan lautan biru, membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Pantai Kilang Mandiri dilengkapi fasilitas pendukung seperti area parkir, musholla, kios-kios makanan dan minuman, serta area istirahat.

4. Pantai Tanjung Bayur Teritip

Terletak di Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Pantai Tanjung Bayur menyuguhkan pemandangan deretan kelapa serta jembatan kayu ulin menyegarkan mata.

Pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis ke kawasan ini. Pantai ini bisa diakses dalam waktu kurang dari lima menit dari jalan raya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com