Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2024, 12:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Jelang upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Kalimantan Timur, giat melakukan sejumlah peningkatan kualitas fisik dan pelayanan.

General Manager Bandara SAMS Sepingga Ahmad Syaugi Shahab mengutarakan hal itu kepada Kompas.com, Senin (25/6/2024).

"Perapian dan perbaikan dilakukan di seluruh titik. Mulai dari perapian landasan pacu yang akan dilapisi aspal lagi atau overlay, hingga perbaikan-perbaikan di gedung terminal," ujar Syaugi.

Baca juga: Jika Hujan Turun, Upacara HUT Ke-79 RI Digeser ke Beranda Nusantara

Pada prinsipnya, kata dia, peningkatan kualitas gedung terminal mencakup banyak hal, terutama terkait perbaikan sarana dan prasarana, seperti penambahan 32 unit Fan Coil Unit (FCU).

Kemudian, perbaikan garbarata, travelator, eskalator, toilet, dan penataan tenant-tenant yang ada dan telah terkurasi dengan baik.

General Manager Bandara SAMS Sepingga Ahmad Syaugi ShahabKOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER General Manager Bandara SAMS Sepingga Ahmad Syaugi Shahab
"Para tenant yang mengisi ruang-ruang ritel ini merupakan mitra usaha yang telah lama menjadi penyewa di sini. Selain mereka, ada juga tenant-tenant baru seperti Marugame Udon, Yoshinoya, dan terbaru dari Polda Kaltim yang akan mengajak UMKM binaan," ungkap Syaugi.

Selain itu, menurutnya ada banyak tenant baru yang terpaksa ditolak, karena keterbatasan ruang yang sudah diokupasi di seluruh area ritel. 

Baca juga: Sehari Sebelum HUT Ke-79 RI, Memorial Park IKN Selesai Dibangun

"Tinggal menyisakan satu saja yang area bekas Kimia Farma," imbuh Syaugi.

Adapun terkait rencana perpanjangan landasan pacu sepanjang 2.500 meter dipastikan akan tuntas sebelum Agustus 2025.

Saat ini, sedang dilakukan pematangan desain landasan pacu. Realisasi perpanjangan landasan pacu ini menggunakan konsep design and build.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com