Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reforestasi Lahan Kritis IKN Baru 3.000 Hektar dari Total 126.000 Hektar

Kompas.com - 28/06/2024, 17:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur yang tengah gencar dikerjakan Pemerintah, mengadopsi konsep smart forest city.

Nantinya diharapkan, dari total luas area 252.000 hektar, sekitar 65 persen di antaranya merupakan ruang terbuka hijau dan kawasan lindung.

Untuk menuju proposi ideal tersebut, sejumlah upaya terus dilakukan oleh Otorita IKN (IKN) melalui aksi reforestasi.

Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Asnawati Savitri mengungkapkan, dari total 65 persen kawasan lindung tersebut, 126.000 hektar di antaranya merupakan lahan kritis yang perlu dilakukan reforestasi.

Baca juga: Otorita Finalisasi Draf Pedoman Reklamasi Pasca-Tambang di IKN

"Kegiatan reforestasi yang kami lakukan difokuskan pada area seluas 126.000 hektar itu," ujar Myrna menjawab Kompas.com, usai usai acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, di IKN, Jumat (28/6/2024).

Dalam dua tahun ini, aku Myrna, OIKN lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan persiapan dan koordinasi.

Sementara kegiatan reforestasinya dilakukan oleh berbagai pemangku kepentingan yang dipimpin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selain itu, dilaksanakan juga sejumlah kegiatan yang melibatkan perusahaan swasta, dan pelibatan masyarakat melalui mekanisme crowdfunding.

"Kegiatan tersebut digagas oleh konsorsium Sabuk Hijau Nusantara," ucap Myrna.

Sampai dengan saat ini reforestasi lahan kritis yang telah dikerjakan sekitar 3.000 hektar sejak tahun 2022 dan ditargetkan tuntas pada 2045.

Baca juga: UPDATE Terkini Kantor Presiden di IKN, Progres 90 Persen

"Kami berharap tahun 2045 itu kawasan lindung itu sudah dipulihkan semuanya. Meskipun tidak bisa seperti sebelumnya ya, semoga mendekati," imbuh Myrna.

Dia juga tidak bisa memastikan tingkat keberhasilan reforestasi karena belum bisa dievaluasi hanya dari monitoring selama dua tahun.

"Namun, tentu saja ini terus akan ditingkatkan dan kami terus menggalang kolaborasi dengan pihak yang lain untuk memberikan dukungan pada reforestasi yang ada di IKN," cetus Myrna.

Kondisi Banjir di desa wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang berangsur surut, Rabu (26/6/2024).Dokumentasi Humas BNPB RI Kondisi Banjir di desa wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang berangsur surut, Rabu (26/6/2024).
Banjir Sepaku

Sementara terkait banjir di wilayah Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada Selasa (24/6/2024) yang berdampak pada 800 rumah, Myrna menegaskan faktor penyebabnya sangat kompleks.

Mulai dari topografi lingkungan, sampah, perilaku masyarakat atau gaya hidup di lingkungan sekitar, dan lain-lain.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com