Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2024, 14:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), akan menambah koleksi hotel bintang lima dalam waktu dekat.

Ketua BPD PHRI Kaltim Sahmal Rukip mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Kamis (25/1/2024).

"Lokasi persis hotel ini berada di Kecamatan Balikpapan Utara," ungkap Sahmal.

Baca juga: Bahlil: Total Rancangan Investasi IKN Rp 500 Triliun

Seiring pembangunan ibu kota nusantara (IKN), permintaan akan kamar dan fasilitas meeting, incentives, conventionexhibition (MICE) terus meningkat.

Kenaikan permintaan ini tidak bisa dipenuhi oleh hotel-hotel eksisting. Demikian halnya dengan ruang-ruang MICE yang selalu penuh.

"Di Balikpapan sekarang ini kalau ada banyak acara, masih kekurangan hotel dan fasilitas MICE," ucapnya.

Oleh karena itu Sahmal menyambut baik kehadiran hotel baru ini yang dilengkapi fasilitas MICE respresentatif. 

Nusantara Convention Center

Dari penelusuran Kompas.com, proyek hotel bintang lima dimaksud adalah Nusantara Convention Center (NCC) yang berlokasi di Jalan MT. Haryono KM 4,5, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim.

Area pengembangan ini seluas 3,5 hektar, dengan status lahan yang clean and clear. berjarak ± 8,5 kilometer dengan waktu tempuh 15 menit ke Bandara Sepinggan, sedangkan ke Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan jarak ± 57 kilometer dengan waktu tempuh 45 menit (via Jembatan Pulau Balang).

Kota Balikpapan merupakan salah satu kota destinasi bisnis di Kaltim dengan dukungan 21 hotel berbintang yang memiliki fasilitas Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE).

Sebagai wilayah mitra IKN, Kota Balikpapan menjadi pendukung dan merupakan bagian dari ekosistem super hub ekonomi IKN.

Balikpapan dalam RTRWN Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 tahun 2017 ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) Balikpapan-Tenggarong-Samarinda-Bontang.

Keberadaan NCC di Kota Balikpapan memiliki prospek yang baik, karena berada di wilayah yang didukung ekosistem kepariwisataan dan menjadi Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) serta Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN).

NCC memiliki rencana pengembangan berupa fasilitas MICE meliputi 32 Meeting Room, 14 conference room, 4 ballrom, 1 exhibition hall, 1 inner court (outdoor), dan 1 roof park.

Sedangkan fasilitas hotel memiliki total 349 kamar yang terdiri dari 224 superior, 112 deluxe, 12 junior suite dan 1 presiden suite.

Sebanyak 53 tempat penyelenggaraan dengan ruang yang beragam, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya. Menjadikan Proyek NCC sebagai salah satu proyek yang mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com