Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Kesehatan di IKN Disiapkan, Usung "Smart and Green Building"

Kompas.com - 12/02/2024, 10:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) memastikan kesejahteraan warga sekitar IKN dengan upaya menyiapkan fasilitas kesehatan yang berkualitas.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menuturkan, fasilitas kesehatan tidak hanya memenuhi standar kelayakan, tetapi juga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat sekitar serta masyarakat yang akan segera menempati ibu kota baru. 

"Kesehatan masyarakat adalah prioritas utama kami dalam membangun IKN. Kami berkomitmen untuk menyediakan fasilitas kesehatan yang terbaik, memastikan setiap penduduk dapat mengakses perawatan kesehatan yang memadai," ujar Bambang dalam pernyataan tertulis, Minggu (11/2/2024). 

Komitmen itu merupakan langkah nyata pihak OIKN dalam membangun lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. 

Terkait hal tersebut, Bambang bersama tim mengadakan kunjungan ke sejumlah fasilitas kesehatan di Kecamatan Sepaku yaitu Puskesmas Semoi II, Puskesmas Sepaku I, dan UPT. Puskesmas Sepaku III pada Jumat (9/2/2024). 

Peningkatan kualitas layanan kesehatan

Ia menjelaskan, fokus peningkatan kualitas layanan kesehatan di wilayah sekitar Nusantara perlu melibatkan peningkatan SDM (sumber daya manusia) dengan penambahan tenaga medis. Sekaligus meningkatkan alat kesehatan dan bangunan fisik rumah sakit. 

"Ketersediaan alat kesehatan dan standar bangunan rumah sakit juga perlu diperhatikan, khususnya dalam revitalisasi RSUD dan puskesmas di Sepaku, yang mengusung konsep smart and green building," terang dia. 

Persiapan layanan kesehatan, Bambang menambahkan, juga memerlukan sinergi bersama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) serta koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Sepaku.

"Untuk itu perlu dilakukan percepatan dan revitalisasi pelayanan kesehatan," ujarnya. 

Langkah-langkah ini, kata Bambang, diharapkan membentuk pusat layanan kesehatan yang efisien bagi masyarakat yang akan menempati kawasan tersebut.

Dengan langkah-langkah progresif tersebut, Bambang menyebut Otorita IKN menegaskan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang ramah, aman, dan nyaman bagi setiap orang yang berada di Ibu Kota Nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com