Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu 2024 di TPS Khusus Pekerja IKN Dimulai Pukul 08.30 WITA

Kompas.com - 14/02/2024, 10:47 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SEPAKU, KOMPAS.com - Proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus Pekerja IKN, yakni TPS 901 dan TPS 902 Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, berlangsung mulai pukul 08.30 WITA, Rabu (14/2/2024).

Dari pantauan Kompas.com, pemilih pertama yang menggunakan hak suaranya adalah karyawan Kementerian Sekretariat Negara, yang hadir satu jam sebelumnya.

"Saya sangat senang bisa berpartisipasi memberikan suara untuk Indonesia yang lebih baik. Sejak mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara daring, saya sudah menyiapkan diri. Ini adalah sejarah, saya bisa nyoblos di IKN," cetus Intan Ayudya, karyawan bagian engineering Kementerian Sekretariat Negara kepada Kompas.com.

Baca juga: Bawaslu PPU Antisipasi Pelanggaran di TPS Khusus Pekerja IKN

Tigapuluh menit kemudian, 10 orang pekerja IKN dari BUMN Karya PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk memberikan suaranya bagi capres dan cawapres pilihan.

Pekerja IKN di Kementerian Sekretariat Negara Yunita Ratih dan Elsa Safitri, menggunakan hak suaranya di TPS 901, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.Kompas.com/Hilda B Alexander Pekerja IKN di Kementerian Sekretariat Negara Yunita Ratih dan Elsa Safitri, menggunakan hak suaranya di TPS 901, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.
Sementara Sekretaris Otorita IKN (OIKN) Achmad Jaka Santos Adiwijaya mencoblos satu setengah jam berikutnya atau tepat pukul 09.30 WITA.

Jaka mengapresiasi petugas PPS, KPU Kabupaten PPU, Bawaslu PPU dan seluruh stakeholder. Dia sebagai Warga Negara Indonesia cukup puas atas penyelenggaraan Pemilu yang lancar ini.

"Saya bersama istri sudah mendaftar pindah menjadi pemilih Desa Bumi Harapan ini menjadi warga Sepaku dan nantinya menjadi warga Nusantara," ujar Jaka.

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya memberikan suaranya bagi Capres-Cawapres 2024 di TPS 902, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.Kompas.com/Hilda B Alexander Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya memberikan suaranya bagi Capres-Cawapres 2024 di TPS 902, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.
Menurut Jaka, total terdapat 10.000 pekerja IKN. Sebanyak 3.266 di antaranya masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). 

Mereka tersebar di sejumlah TPS di sekitar Sepaku, sementara di TPS Khusus Pekerja IKN TPS 902 dan TPS 902 sebanyak 323 pemilih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com