Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bisa Contek Spanyol, Bikin IKN Jadi "Loveable City"

Kompas.com - 21/03/2024, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) dirancang menjadi loveable city atau kota yang dicintai oleh para penghuninya dan pengunjung.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah bisa belajar banyak dari kota-kota yang ada di Spanyol seperti Barcelona dan Madrid.

Commercial Attache for Embassy of Spain Jose Angel Molero Gonzales mengatakan, terdapat tiga hal penting yang harus dimiliki oleh IKN jika ingin menjadi loveable city

Baca juga: 16,47 Persen Area Hijau di IKN Bakal Jadi Kawasan Pangan

“Pertama, adalah soal penataan kawasan dan desain ruang publik bagi masyarakat,” ujarnya dalam "Livable and Lovable: Collaborative Learning Forum", yang diselenggarakan oleh Otorita IKN, Rabu (20/3/2024).

Selanjutnya, adalah semangat budaya lokal yang masih terus dipelihara melalui kombinasi fasilitas dan program budaya yang ada di masyarakat.

Kunci yang ketiga, menggunakan pendekatan makanan dan minuman Food and baverage (F&B) dan perspektif gastronomi untuk menghidupkan interaksi sosial di dalam kota.

“Ketersediaan ruang publik di kota sangat penting agar tercipta interaksi sosial, yang membuat kota tersebut dicintai banyak orang,” papar Jose.

Baca juga: Cerita Soal Ratusan Warga Diminta Robohkan Rumahnya demi Proyek IKN

Ia berharap, pengetahuan mengenai penataan kota yang loveable di Spanyol bisa digunakan untuk membangun IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com