Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2024, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, berlanjut ke Tahap II.

Hal ini menyusul dipercayanya PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA-BIT KSO untuk melaksanakan konstruksi fisik proyek ini.

Dalam konsorsium ini, WIKA mengempit porsi saham 70 persen dengan nilai kontrak sebesar Rp 586,20 Miliar.  

WIKA dipercaya melanjutkan proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap 2 untuk melaksanakan finishing yang mencakup pekerjaan pengaspalan jalan, serta landscape yang dilengkapi dengan area khusus untuk para pejalan kaki dan pesepeda. 

Baca juga: Perkembangan Terkini Rumah Para Menteri di IKN, Juli Bisa Ditempati

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menuturkan, kelanjutan proyek ini menunjukkan kepercayaan Kementerian PUPR terhadap WIKA yang mampu menyelesaikan proyek secara konsisten sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan dalam rangka pembangunan infrastruktur IKN.

Menurut Agung, Proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap II merupakan paket lanjutan dari Tahap I dengan lingkup pembangunan struktur jalan dan jembatan, serta Multi-Utility Tunnel (MUT) yakni terowongan yang akan menampung semua jaringan pipa air hingga fiber optik dan kabel listrik di IKN. 

"Sesuai dengan konsep green city, proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap II ini juga akan dilakukan penghijauan termasuk pemeliharaan tanaman," ujar Agung.

Limpasan air akan disaring lebih dulu oleh box control dan dialiri lewat MUT ke ground water tank sehingga air yang sudah bersih dari endapan sedimen tersebut dapat digunakan untuk penyiraman tanaman. 

Baca juga: Mafia Tanah Disebut Kuasai Lahan Strategis IKN, Ini Langkah BBT

Pembangunan proyek ini juga didukung oleh teknologi digital Building Information Modeling (BIM) Level 5D yang akan mempermudah pelaksanaan proyek serta menghindari potensi pekerjaan ulang, melalui visualisasinya yang lebih baik. 

Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur merupakan salah satu akses utama yang dibangun untuk mendukung konektivitas IKN.

Membentang sepanjang 3,27 kilometer, Sumbu Timur akan menjadi akses penghubung pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com