Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2024, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Dalam rangka mendukung kepindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN), pemerintah telah menyiapkan fasilitas tempat tinggal berupa apartemen.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan ada 47 tower apartemen yang tengah disiapkan.

Rumah Susun (Rusun) atau Apartemen ASN 4 di Ibu Kota Nusantara (IKN)KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Rumah Susun (Rusun) atau Apartemen ASN 4 di Ibu Kota Nusantara (IKN)
Insyaallah, ada 47 tower apartemen. Nanti kesiapannya secara bertahap. Nanti bulan Juli 12 tower, September 21 tower, November sampai Desember itu sisanya,” ungkap Danis dalam wawancara bersama RRI Pro 3, Rabu (18/4/2024).

Baca juga: Pembangunan Kantor Prabowo di IKN Telan Dana Rp 1,7 Triliun

Dikatakan Danis, apartemen yang akan menjadi tempat tinggal ASN ini memiliki 12 lantai dengan 5 unit setiap lantai.

“Jadi 1 tower akan ada 60 unit apartemen. Masing-masing unit apartemen terdiri dari 3 kamar yang luasnya masing-masing 90 meter persegi,” paparnya.

Target waktu pemindahan ASN ke IKN Nusantara akan direalisasi setelah upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan RI.

Sebelumnya, menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pemindahan PNS akan dilakukan dalam waktu tersebut karena hunian PNS di IKN akan terlebih dulu digunakan bagi petugas yang mengadakan upacara HUT kemerdekaan RI ke-79.

Baca juga: Jokowi Bakal Jual Lahan IKN ke Investor, Harga Ditentukan Otorita IKN

Dengan demikian, target waktu pemindahan ASN sudah dua kali diundur, di mana semula direncanakan pada bulan Maret 2024 dan Juli 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com