Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2024, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompleks perkantoran Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Ibu Kota Nusantara (IKN) dilengkapi dengan hutan kota di dalamnya.

Hal ini akan mendukung konsep pembangunan seluruh gedung di IKN yang green dan smart building.

Selain hutan kota, Kantor Kementerian Pertahanan di IKN juga dilengkapi dengan kolam retensi atau penampungan air hujan dalam jangka waktu tertentu.

Bakal tersedia pula lapangan upacara, viewing deck, rooftop, hingga plaza masjid di kantor baru Prabowo ini.

Berdasarkan data dari laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan gedung dan kawasan perkantoran Kementerian Pertahanan di ibu kota negara baru tersebut sudah mulai dilelang dengan anggaran sebesar Rp 1,7 triliun untuk total luas lahan 4,36 hektar.

Hutan kota dan kolam retensi di Kompleks Kantor Kementerian Pertahanan IKNDok. Kementerian PUPR Hutan kota dan kolam retensi di Kompleks Kantor Kementerian Pertahanan IKN
Hingga artikel ini diunggah, sudah ada 34 peserta lelang dengan target pelaksanaan penandatanganan kontrak pada 21 Juni 2024.

Baca juga: Luas Rusun ASN di IKN 98 Meter Persegi dan Pemandangannya Bagus

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga menjelaskan bahwa semua bangunan yang ada di IKN memiliki konsep green dan smart building, tidak terkecuali Kantor Kementerian Pertahanan.

"Semua bangunan di IKN punya dua konsep, green dan smart building," ucap Danis saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/4/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com