Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Progres Terbaru Proyek Kantor Kemenko 3 Bidang Polhukam di IKN

Kompas.com - 24/05/2024, 14:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk ekosistem perkantoran di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), terus dikerjakan secara simultan.

Salah satunya adalah Kantor Kementerian koordinator (Kemenko) 3 yang membidangi Politik, Hukum, dan HAM (Polhukam).

Hingga Jumat (24/5/2024), proyek Kantor Kemenko 3 telah mencapai progres sekitar 64 persen.

Baca juga: Transportasi Cerdas IKN Bakal Dipamerkan di Forum ITS Asia-Pasifik

Konstruksi fisik proyek ini dikerjakan oleh KSO PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Nindya Karya (Persero).

Sementara pasokan material ready mix dilakukan oleh PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dengan nilai kontrak Rp 21,3 miliar.

WSBP diketahui telah menyuplai readymix hampir seluruhnya yang dibutuhkan untuk proyek Kantor Kemenko 3.

Saat ini progres pasokan telah mencapai 90 persen dan ditargetkan selesai pada akhir Mei 2024.

Proyek Kantor Kementerian Koordinator 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN)KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Proyek Kantor Kementerian Koordinator 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN)
Produk readymix yang disuplai merupakan Readymix Fc' 35 dan Fc' 30 dengan slump 12 ± 2 cm, sebanyak 5.292,5 meter kubik sejak Januari 2024.

Readymix ini diproduksi di Batching Plant WSBP Sepaku yang berjarak 10 kilometer dari lokasi proyek sehingga pasokannya dapat tercakupi dalam skala besar dan cepat tanpa proses pengiriman yang lama.

Baca juga: Mitigasi Bencana Banjir di IKN, Otorita Andalkan Early Warning System

“Dengan hampir tuntasnya proyek Kantor Kemenko 3 ini, kami optimistis bisa mendapat kontrak eksternal lainnya. Kepercayaan pemerintah untuk bekerjasama dengan WSBP dalam proyek ini kami yakini dapat membuka pasar proyek-proyek eksternal di IKN,” ujar Vice President of Corporate Secretary Fandy Dewanto kepada Kompas.com, Jumat (24/5/2024).

WSBP juga optimistis dapat memperoleh peluang dari berbagai proyek pembangunan IKN, bukan hanya infrastruktur dan gedung pemerintahan yang saat ini berjalan, tapi juga perumahan, fasilitas umum, pembangunan komersial, dan pusat bisnis.

Dengan semangat inovasi dan fokus pada keberlanjutan, WSBP optimis akan terus membawa solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan proyek-proyek masa depan.

“Dalam proses suplai yang dilakukan, WSBP selalu menjaga serta menerapkan Manajemen Risiko dan Tata Kelola Perusahaan yang baik guna menjaga mutu serta mewujudkan proyek-proyek yang memiliki tingkat kesehatan keuangan yang baik,” tambah Fandy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com