Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampingi Konglomerat Dubai Kunjungi IKN, Erick Thohir: Belum Ada Komitmen Investasi

Kompas.com - 26/05/2024, 15:16 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Mohamed Alabbar, pendiri sekaligus konglomerat properti multinasional, Emaar Properties, yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (26/5/2024).

Perusahaan pengembang yang membangun dan memiliki aset gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, ini didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Menurut Erick, kunjungan delegasi Emaar Properties masih dalam tahap penjajakan, belum ada pernyataan komitmen investasi.

Baca juga: Konglomerat Properti Pemilik Burj Khalifa Dubai Kunjungi IKN, Ditemani Erick Thohir

"Nilai investasi dalam pertemuan tadi? Belum. Ini kan baru lihat-lihat, penjajakan," ungkap Erick.

Lebih lanjut Erick menekankan, Emaar Properties merupakan bagian dari upaya percepatan pembangunan IKN yang harus terus didorong agar membawa investasi.

"Membawa investor dari berbagai negara itu dipentingkan. Dan ini IKN menjadi hal yang sangat penting apalagi Presiden sudah memutuskan akan pindah ke sini. Jadi percepatan-percepatan harus dilakukan," tutur Erick.

Delegasi Emaar Properties didampingi Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke Ibu Kota Nusasntara (IKN), Minggu (26/5/2024).KOMPAS.com/CHRISTIAN RICKO HARIANTO Delegasi Emaar Properties didampingi Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke Ibu Kota Nusasntara (IKN), Minggu (26/5/2024).
Kendati demikian, Erick mengingatkan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat penting dan akan menjadi pertimbangan para investor asing untuk membenamkan modalnya.

Seperti kedatangan pemilik SpaceX Elin Musk dan CEO Apple Tim Cook serta figur-figur internasional lainnya.

Kedatangan mereka diharapkan mendatangkan investasi yang membuat pembangunan terus ada sehingga pertumbuhan ekonomi terus terjadi.

Baca juga: Masjid Negara IKN Berkubah Sorban Kini Menunjukkan Progres 4,23 Persen

Sebagaimana diharapkan oleh Kepala OIKN Bambang Susantono yang mengatakan bahwa partisipasi Emaar Properties dalam pembangunan IKN adalah bagian yang paling penting.

Pendiri Emaar Properties Mohamed Alabbar sendiri mengucapkan terima kasih mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Indonesia, negeri yang sangat indah.

Mereka bahkan tak pernah menyadari ada negara semenakjubkan Indonesia. Dan sebagai pengembang, keindahan Indonesia merupakan sesuatu hal yang patut dibanggakan.

"Pembangunan di IKN yang masif menunjukkan kerja keras, kualitas desain, kualitas konstruksi yang baik dan cepat, yang tak pernah mereka saksikan sebelumnya," tuntas Alabbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com