Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2024, 19:53 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) akan memiliki platform mobilitas pintar berbentuk CCTV yang mampu menghitung emisi kendaraan di suatu kawasan.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN (OIKN) Mohammed Ali Berawi dalam konferensi pers di JW Marriott Hotel Jakarta, Senin (27/5/2024).

Ali Berawi menjelaskan, baru saja selesai dilakukan Proof of Concept (PoC) atau uji coba platform mobilitas pintar milik perusahaan asal Kazakhstan Sergek Projects Ltd sejak 30 Januari 2024-30 April 2024 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Dampak ekologi ini berupa karbon dioksida diukur untuk tiap-tiap titik di wilayah lalu lintas," kata Ali.

Penghitungan keluaran karbon dioksida dari kendaraan bermotor bisa dilakukan dengan menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Nantinya, data tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan rekayasa lalu lintas di ruas jalan dengan kadar karbon dioksida sudah melebihi batas, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Baca juga: Dari IKN ke Balikpapan atau Palu Bisa Naik Taksi Terbang

"Itu bisa, yang penting kan kita punya data itu, bahwa nanti rutenya akan kita alihkan akan dilakukan intervensi. Misalnya pengurangan rute pada jam-jam tertentu, segala sesuatu intervensi akan memungkinkan selama kita punya data fakta," tegas Ali.

Data tersebut juga akan digunakan sebagai perbandingan keberhasilan strategi OIKN menurunkan emisi di kawasan IKN, yang kemudian diharapkan bisa diperluas ke daerah lain.

Sebagai informasi, dalam PoC ini Sergek membenamkan investasi sekitar 560.000 dolar AS atau ekuivalen Rp 9 miliar.

Dana sebesar ini mencakup software berupa platform yang mencakup ekosistem mobilitas pintar berbasis aplikasi dan hardware berupa CCTV yang ditempatkan di titik-titik yang selama ini belum terjangkau Dinas Perhubungan Balikpapan.

PoC digelar untuk menindaklanjuti kesepakatan bersama yang diteken pada 3 September 2023 antara Sergek dan OIKN.

Kota Balikpapan dipilih sebagai lokasi uji coba karena dekat dengan IKN. Ini juga dikarenakan ruas jalan di IKN belum sepenuhnya siap sebab masih dalam tahap pembangunan.

Selain bisa mengukur kadar karbon dioksida, platform mobilitas pintar ini juga mampu mengidentifikasi kepadatan lalu lintas, merekam kendaraan yang melanggar tata tertib, hingga mengidentifikasi titik lokasi angkutan umum di suatu kawasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com