Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2024, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 14 tower rumah susun (rusun) aparatur sipil negara (ASN)/TNI/Polri/BIN/Paspampres di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah tutup atap.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan sebanyak 12 tower rusun ditargetkan siap operasi pada Agustus 2024.

"Hunian ASN, Polri, BIN serta angkatan darat (AD), Paspampres total 47 tower dan sekarang ini yang sudah topping off sudah 14 tower dan nanti pada bulan Agustus Insya Allah 12 sudah bisa operasi," kata Basuki dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Adapun progres dari setiap paket pekerjaan tower rusun IKN berbeda, namun rata-rata sudah mencapai 50 persen.

"Hunian Polri dan BIN 58 persen ini merupakan hunian rusun, dan hunian ASN progres 53 persen, serta hunian Paspampres progres 48 persen," jelas Basuki.

Dari sektor perumahan, juga ada rumah tapak jabatan menteri yang mencapai progres 91 persen.

Baca juga: Basuki Percepat Warisan Bambang Susantono Kejar Investasi Rp 100 Triliun di IKN

4 rumah di antaranya telah dijajal oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan untuk menginap dalam kunjungan kerjanya ke IKN pekan ini.

"Hunian yang kemarin 4 dari total 34 sudah dipakai Presiden dan rombongan saat kunjungan ke IKN kemarin hari Selasa dan Rabu," tutur Basuki.

Sebagai informasi, anggaran pembangunan infrastruktur IKN tahun anggaran 2024 adalah sebesar Rp 37,41 triliun.

Rinciannya, Rp 1,57 triliun untuk sektor sumber daya air, Rp 17,56 triliun untuk sektor bina marga, Rp 11,42 triliun untuk sektor cipta karya, dan Rp 6,86 triliun untuk sektor perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com