Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoJek dan GoPay Hadir di IKN, Dukung Digitalisasi Ekosistem

Kompas.com - 10/06/2024, 09:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Penyedia layanan on-demand Gojek dan layanan teknologi finansial GoPay, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk hadir di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Komitmen ini diwujudkan dalam berbagai penawaran solusi untuk bermobilisasi, pesan-antar makanan, hingga layanan teknologi finansial serta pembayaran digital yang mudah diakses dan aman.

Vice President of Region Gojek Gede Manggala menyampaikan, Gojek dan GoPay, perusahaan yang lahir, tumbuh dan berkontribusi untuk Indonesia, telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dengan mendukung keseharian melalui teknologi.

Baca juga: Rehabilitasi Hutan IKN Gunakan Jutaan Bibit dari Persemaian Mentawir

"Kali ini, kami memperkuat komitmen dalam melayani masyarakat lebih luas lagi di sekitar kawasan IKN," ujar Gede dikutip Kompas.com, Senin (10/6/2024).

Sebagai perusahaan karya anak bangsa yang terus #BerjuangUntukIndonesia, komitmen ini sejalan dengan semangat Pemerintah membangun IKN, sama-sama berjuang dan bergotong-royong menjadikan kawasan ini menjadi pusat pertumbuhan baru tanah air, terutama melalui kemajuan teknologi.

Bulan April 2024 lalu, Gojek melalui layanan GoCar meluncurkan inovasi baru dengan memperluas layanan transportasinya ke Kawasan IKN.

Tidak hanya GoCar, masyarakat bermobilitas untuk perjalanan dinas ataupun pegawai konstruksi dari dan menuju kawasan IKN dapat memanfaatkan layanan GoCar Instant di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

Dengan durasi perjalanan Bandara Sepinggan ke Kawasan IKN sekitar 1,5 sampai 2 jam dengan jarak tempuh 101 kilometer, masyarakat kini dapat dengan nyaman menikmati perjalanan dengan puluhan armada GoCar yang telah tersedia di titik penjemputan GoCar Instant di bandara.

Baca juga: 91 Rumah di Lahan IKN yang Bermasalah Akan Direlokasi

Selain layanan GoCar, secara bertahap layanan antar makanan GoFood juga telah hadir di sekitar kawasan IKN.

Layanan ini untuk mendukung aktivitas masyarakat sekaligus memberdayakan UMKM lokal. Puluhan UMKM lokal kini dalam tahap pendaftaran menjadi bagian ekosistem GoFood untuk dapat mengoptimalkan pemasaran produknya secara digital di aplikasi Gojek.

Kehadiran layanan GoFood ini juga memberikan peluang pendapatan bagi masyarakat sekitar dengan menjadi Mitra Driver GoRide (layanan transportasi roda dua) dan ke depannya melengkapi warung makan/toko kelontong dengan pembayaran digital menggunakan GoPay.

Deputi Sarana Prasarana Otorita IKN Silvia Halim menambahkan, GoTo lewat Gojek telah menerapkan sistem transportasi cerdas sekaligus buka lapangan pekerjaan bagi Indonesia.

Gojek dan GoPay diharapkan dapat mendukung ekonomi masyarakat lokal di IKN serta mewujudkan kota cerdas yang berkelanjutan pertama di Indonesia.

“Terhubung aktif serta mudah diakses, Gojek dukung smart mobility karena telah menjadi penghubung di kota-kota penunjang IKN. Dengan kehadiran Gojek-GoPay, harapannya IKN bisa menjadi world class city," ucap Silvia.

Baca juga: Resmi, Bandara VVIP IKN Diperluas Jadi 621 Hektar

Kehadiran GoJek dan GoPay juga diapresiasi PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik sebagai upaya mendigitalisasi masyarakat sekitar untuk lebih maju dan berkembang.

Dia mengharapkan, bukan hanya pengembangan fisik yang menjadi target pembangunan, juga pengembangan SDM.

“Kami berharap Gojek dan GoPay dapat senantiasa menjadi mitra pertumbuhan strategis pemerintah untuk mempersiapkan masyarakat di Kawasan IKN menuju ekosistem digital yang berkelanjutan,” tutup Akmal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com