Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honeywell Dukung Konkret IKN, Uji Coba Command Center Akhir 2024

Kompas.com - 11/06/2024, 19:44 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Honeywell Indonesia makin memperkuat komitmen dan dukungannya terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dukungan dan komitmen ini ditunjukkan melalui langkah konkret dengan melaksanakan uji coba atau Proof of Concept (PoC) pembangunan Integrated Command and Control Center pada akhir tahun 2024 yang didukung oleh United States Trade and Development Agency atau USTDA.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan, komitmen Honeywell diterjemahkan dalam penandatanganan nota kesepahaman di Kantor OIKN, Jakarta (11/6/2024).

Baca juga: BPK Soroti Pendanaan Pembangunan IKN yang Masih Andalkan APBN

Ali menjelaskan, dalam membangun IKN menjadi sebuah kota cerdas atau smart city, OIKN telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi global, salah satunya Honeywell.

Sebagai perusahaan terkemuka rekayasa teknologi, Honeywell menawarkan solusi untuk mengatasi tantangan di berbagai sektor termasuk bangunan cerdas, pengelolaan energi, keamanan, keselamatan dan keberlanjutan.

Menurut Ali, tujuan penandatanganan nota kesepahaman ini adalah untuk memperkuat kerja sama, pertukaran gagasan, serta pengalaman dalam perencanaan dan pengimplementasian konsep kota cerdas IKN yang mendukung pengembangan ekonomi hijau serta pengembalian ekonomi yang konkret dan pengalaman masyarakat di Indonesia.

Kerja sama dengan Honeywell diharapkan dapat mempercepat pembangunan smart city sesuai dengan perencanaan Smart City Blueprint Nusantara.

"Sehingga dapat tercipta kota yang dapat dikelola secara lebih efisien dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya," imbuh Ali.

Baca juga: Temuan BPK: 5 Area Hasil Pengadaan Tanah IKN Belum Bersertifikat

Presiden dari Honeywell Asia Steven Lien menambahkan, pihaknya bersemangat membantu OIKN merealisasikan pembangunan agar selaras dengan visi kota cerdas dengan net zero carbon emission (NZE).

“Honeywell sebagai perusahaan yang bergerak dalam sektor bangunan cerdas ingin turut mengembangkan sistem dan fitur teknologi bangunan cerdas pada implementasi pembangunan Ibu Kota Nusantara” ujar Steven.

Presiden Direktur Honeywell Indonesia David Hutagalung menyatakan antusiasme yang serupa.

“Sebagai early believer terhadap pembangunan IKN, Honeywell melalui MoU ini memperkuat komitmennya untuk mendukung secara lebih konkrit dalam pembangunan IKN sebagai kota cerdas,” cetus David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com