Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susul Para Naga Properti, Agung Podomoro Bangun Hunian di IKN

Kompas.com - 10/06/2024, 22:02 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com – Susul para naga properti macam Agung Sedayu Group yang dimotori Sugianto Kusuma (Aguan), Pakuwon Group yang dirintis Alexander Tedja, dan Summarecon Agung yang dimiliki Sutjipto Nagaria, Agung Podomoro Land akhirnya ikut ambil bagian membangun Ibu Kota Nusantara (IKN).

Keikutsertaan Agung Podomoro melalui PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) direpresentasikan melalui penandatanganan kerja sama tentang Rencana Pembangunan Hunian Pada Kawasan IKN oleh Direktur Utama APLN Bacelius Ruru dan Direktur Utama Bina Karya Boyke Prasetyanto di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Direktur Utama APLN Bacelius Ruru mengatakan, IKN akan dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju sesuai visi Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Di Tajikistan Basuki Bertemu Sergek, Bahas Mobilitas Cerdas Berbasis AI

Menurutnya, IKN dibangun dengan identitas nasional, diharapkan dapat mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris serta mempercepat transformasi ekonomi Indonesia.

"Sebagai masyarakat yang baik tentu kami merasa bangga dapat menjadi bagian dari visi Indonesia Emas 2045 melalui kontribusi dalam pembangunan IKN,” ujar Ruru.

Rencana kontribusi APLN di IKN sebelumnya telah disampaikan melalui surat minat investasi yang dikirimkan kepada Bina Karya pada Maret 2024 lalu.

“Kami berterima kasih kepada Bina Karya sebagai perpanjangan tangan dari Otorita IKN yang dalam hal ini melakukan tindakan yang bersifat komersial dengan menanggapi surat minat kami,” kata Ruru.

Ruru menjelaskan, Agung Podomoro sangat jeli melihat peluang terbukti dengan berbagai proyek eksisting di Samarinda dan Balikpapan yang telah dibangun sejak beberapa tahun lalu. Kedua kota tersebut merupakan pintu gerbang utama IKN.

Baca juga: Segudang Masalah IKN Temuan BPK, Mulai dari Pendanaan, Lahan, hingga Aset

“Kami optimistis ini akan menjadi momentum penciptaan captive market yang menjanjikan bagi perkembangan sektor properti,” imbuh Ruru.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bina Karya Boyke Prasetyanto mengapresiasi kerja sama dengan APLN.

Ia menegaskan Agung Podomoro merupakan kelompok pengembang besar dengan reputasi yang sangat kuat dalam membangun hunian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Ini sangat sesuai dengan prinsip pembangunan IKN yang kami siapkan. Kerja sama ini semakin memperkuat keyakinan kami untuk membangun IKN sebagai ibu kota masa depan,” cetus Boyke.

Menurut Boyke, sebagai tahap awal Agung Podomoro akan melakukan pembangunan hunian yang diperuntukkan bagi aparatur sipil negara (ASN).

Ke depan, APLN diharapkan turut membangun kawasan hunian komersial di IKN.

Baca juga: Persemaian Mentawir Telan Biaya Konstruksi Rp 339 Miliar

“Jadi pembangunan tidak lagi berupa persil, melainkan kami harapkan sudah berupa kawasan mixed use yang dapat digunakan oleh masyarakat,” lanjut Boyke.

Boyke juga berharap ke depannya kerja sama antara Agung Podomoro dan Bina Karya dapat berjalan lancar.

"Dalam pelaksanaannya kita harus saling mendengar dan saling berdiskusi. Semoga kerja sama kita bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com