Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Tempuh Bandara VVIP ke Kawasan Pemerintahan IKN 20 Menit

Kompas.com - 15/06/2024, 10:52 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkirakan waktu tempuh dari Bandara VVIP atau Naratetama menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) sekitar 20 menit hingga 30 menit.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga menuturkan, perkiraan waktu tempuh tersebut diperoleh dari hasil simulasi yang dilakukan secara berkala, seiring pembangunan Bandara VVIP IKN pada sisi sarat (landasan pacu).

"Kami melakukan simulasi. Ada pesawat mendarat, kemudian para tamu keluar menuju akses tol, kemudian masuk jalan nasional. Jadi dari bandara VVIP ke KIPP 20-30 menit," ujar Danis kepada Kompas.com.

Baca juga: Basuki Ajak WNI di Uzbekistan Ikut Bangun IKN

Ilustrasinya begini, dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan atau dari Jakarta mendarat di Bandara VVIP IKN, kemudian keluar menuju Jalan Akses Tol Seksi 6C-1: Simpang 3 ITCI-Simpang 1B-Sumbu Kebangsaan Timur KIPP.

"Para tamu peserta upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI melalui jalur tersebut untuk kemudian masuk ke KIPP," imbuh Danis.

Opsi lain yang bisa diambil adalah dengan menempuh perjalanan darat, dari Bandara SAMS Sepinggan masuk ke Tol Balikpapan-Samarinda, kemudian keluar di KM 8.

Setelah itu, para tamu melintasi Tol IKN Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, kemudian Tol IKN Seksi 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung, dan Tol IKN Seksi 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Dari tol tersebut, para tamu diarahkan menuju Jalan Nasional untuk kemudian melintasi Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur menuju KIPP

Pekerjaan konstruksi Bandara VVIP IKN sisi darat sepanjang 2.200 meter ditargetkan tuntas Juli 2024 dan difungsikan pada 17 Agustus 2024.

Baca juga: Tanggapi Video Bule Ngoceh Ibukota Koruptor Nepotisme, Satgas: Bukan di IKN

"Saat ini, progresnya sekitar 50 persen. Masih proses pemadatan karena terkendala cuaca (hujan)," ungkap Danis.

Adapun pembangunan landasan pacu tuntas seluruhnya sepanjang 3.000 meter pada Desember 2024.

Pembangunan Bandara VVIP ini mencakup beberapa aspek, selain landasan pacu yang merupakan kewenangan Kementerian PUPR, terdapat pekerjaan sisi udara yang merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan.

Pekerjaan tersebut adalah aspek konstruksi baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP.

Baca juga: Juli, Seluruh Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Terlayani Air Bersih

Kemudian pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina; pekerjaan minipile bangunan power house; pekerjaan cut & fill, dan galian U-ditch, geotextile.

Selanjutnya agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP; serta pekerjaan pondasi rumah dinas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com