Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topping Off, Kepala Garuda Kantor Presiden di IKN Sempurna Terpasang

Kompas.com - 29/06/2024, 14:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Tepat pukul 00.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA), Sabtu (29/6/2024), Kepala Garuda yang membentuk Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) resmi terpasang.

Bilah Kepala Garuda dengan panjang empat hingga 16 meter yang terbuat dari baja tahan korosi ini menutup atap struktur yang telah dibangun dengan akselerasi tinggi.

Kantor Presiden ini merupakan hasil rancangan Maestro Seniman Patung Indonesia Nyoman Nuarta.

Baca juga: Warga Terdampak Proyek Pengendali Banjir dan Tol IKN Dapat 2 Opsi Relokasi

Dia pun mengungkapkan rasa harunya saat menyaksikan prosesi topping off  Kepala Garuda tersebut.

Dalam perbincangan khusus bersama Kompas.com, Sabtu (29/6/2024), Nyoman mengatakan, banyak yang mendoakan pekerjaan ini tuntas jelang upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Istana Negara dengan latar depan lapangan upacara dan latar belakang Kantor Presiden yang merefksikan bentuk burung Garuda.KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Istana Negara dengan latar depan lapangan upacara dan latar belakang Kantor Presiden yang merefksikan bentuk burung Garuda.
"Saya terharu, di tengah hujan perisakan (bully) dan anti-IKN dari orang-orang yang minim kepercayaan terhadap bangsa sendiri. Percayalah kami tetap bekerja sampai subuh untuk mempercepat pembangunan Kantor Presiden di IKN ini," ungkap Nyoman.

Prosesi topping off ini sekaligus membuktikan bahwa Indonesia melalui putera-puteri terbaiknya bisa merancang dan membangun bangunan monumental yang megah dan sarat teknologi baru ini, tanpa meniru atau melakukan plagiasi dari karya-karya negara lain.

Baca juga: Penduduk IKN Hasilkan Sampah 250 Ton Per Hari, Ini Penanganannya

Menurut Nyoman, kendati dengan anggaran minim hanya Rp 1,5 triliun, bila dibandingkan negara China yang mengeluarkan 5 miliar dollar AS untuk membangun jembatan, karya nyata dan kerja keras anak bangsa patut diapresiasi.

"Bila para pahlawan pendahulu kita menyumbangkan darah dan nyawanya, kita sebagai generasi muda sudah seyogyanya menyumbangkan karya yang kita bisa demi kejayaan Indonesia di mata dunia," tegas Nyoman.

Oleh karena itu, Nyoman mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam pekerjaan besar ini untuk terus memperkuat sinergi dan kolaborasi.

Pemasangan Bilah Selubung Kepala Garuda Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN).Nyoman Nuarta Pemasangan Bilah Selubung Kepala Garuda Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Menurutnya, pekerjaan lanjutan yang harus dikejar super-cepat hingga akhir Juli adalah penyelesaian pemasangan bilah selubung pada sayap kanan Burung Garuda.

Sementara, bilah selubung pada sayap kiri Burung Garuda hampir seluruhnya telah terpasang. 

Nyoman dan Tim NuArt yang berjumlah 400 orang, saat ini masih menunggu penyelesaian struktur sayap kanan yang tengah dikerjakan oleh KSO PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Baca juga: Bangun IKN, Pemerintah Pastikan Tak Sengsarakan Rakyat

Pekerjaan mengalami perlambatan karena terkendala cuaca hujan yang dalam beberapa pekan terakhir ini terus mengguyur Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Pemasangan bilah selubung baru dapat dilakukan ketika cuaca cerah, meskipun Tim NuArt punya keinginan untuk menuntaskan pekerjaan secara cepat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com