Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi Hotel Bintang Lima Marriott Bakal Hadir di IKN, Ada 1.000 Kamar

Kompas.com - 03/07/2024, 13:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com – Satu lagi hotel yang dikelola oleh Marriott International, bakal hadir meramaikan sektor akomodasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini menyusul penandatanganan kerja sama antara Otorita IKN (IKN) melalui PT Bina Karya (Persero) dan PT Makmur Berkah Amanda Tbk, Selasa (2/7/2024).

Kesepatakan ini meliputi perencanaan, pembangunan, pengembangan, pengoperasian dan komersialisasi hotel Marriott International.

Baca juga: Progres IKN 86 Persen, DPR Sebut Masih Perlu Kerja Keras dan Biaya

Marriott International rencananya akan membawa jenama hotel dengan klasifikasi bintang lima ke IKN.

Komisaris Utama PT Makmur Berkah Amanda Tbk Adi Saputra Tedja Surya menargetkan pembangunan hotel yang berisi 1.000 kamar ini dalam kurun waktu empat tahun.

"Jadi ini bukan hanya penandatanganan kesepakatan kerja sama saja, tetapi kami memang ingin segera membangun (hotel),” ujar Adi.

Direktur Utama PT Bina Karya Boyke Prasetyanto mengungkapkan, PT Makmur Berkah Amanda Tbk merupakan satu dari banyaknya animo investor yang ingin masuk ke wilayah IKN. 

Namun, karena hanya 30 persen saja dari total luas wilayah IKN yang boleh dibangun, jadi proses yang dilakukan untuk pembangunan di wilayah IKN cukup ketat.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol IKN Dikebut, Jelang HUT RI Bisa Dilintasi

"Di OIKN ini prosesnya cukup ketat karena banyaknya animo yang ingin masuk ke wilayah IKN ini. Dari total 252.000 hektar hanya 30 persen yang boleh dibangun, sisanya adalah hutan," tegas Boyke.

Berdasarkan kesepakatan yang dilakukan, kedua belah pihak setuju untuk membangun hotel bintang lima ini dengan menerapkan prinsip-prinsip lingkungan (environment), sosial (social) dan kepatuhan (governance) atau ESG.

Pembangunan Marriott International ini akan menggenapi hotel kelas bintang lima lainnya yang lebih dulu hadir di IKN yakni Swissotel Nusantara yang dibangun oleh Konsorsium NUsantara, dan Westin Hotel yang dibangun PT Pakuwon Jati Tbk.

Untuk diketahui, Westin Hotel merupakan salah satu jenama hotel bintang lima di bawah naungan Marriott International. 

Namun, jenama untuk hotel yang dibangun oleh PT Makmur Berkah Amanda Tbk belum diungkap kepada publik.

PT Makmur Berkah Amanda Tbk sendiri merupakan entitas yang bergerak di bidang perhotelan, dengan portofolio Hotel Element by Westin yang berlokasi di Ubud Bali.

Hotel Element by Westin telah beroperasi secara komersial sejak Maret 2018 dengan jumlah kamar terbanyak di Ubud, yaitu 152 kamar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com