Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Peter Yogan Gandakusuma
Pengamat Perkotaan

Peter Yogan Gandakusuma meraih gelar Master of Science Regional Planning dari The University of Sheffield, South Yorkshire, Inggris.

Bersama sejumlah kolega, Peter tengah mengembangkan Center for Sustainable Development Studies (CSDS) Universitas Indonesia.

CSDS merupakan pusat riset dan bagian dari Center for Strategic and Global Studies (CSGS), Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia.

Mencapai Kota Bahagia IKN: Belajar dari Taman Pound di Sheffield

Kompas.com - 03/07/2024, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PEMERINTAH tengah membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan akselerasi tinggi, pasca diterbitkannya Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Saat ini, yang tengah dikerjakan adalah infrastruktur dasar Batch I yang meliputi ekosistem perkantoran, ekosistem hunian, dan ekosistem utilitas di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

IKN menempati dan bersinggungan dengan area Hutan Tanaman Industri (HTI) serta Hutan Lindung di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bagaimana seharusnya IKN dibangun?

Kita bisa belajar dari pembangunan Taman Pound atau Pound's Park, di Sheffield, Inggris. Ini bukan sekadar taman kota atau taman bermain kanak-kanak.

Lebih dari itu, Pound's Park merupakan jejak penting dari sebuah pengambilan keputusan atas kebijakan pembangunan yang memerhatikan kesejahteraan mental warganya.

Baca juga: Progres IKN 86 Persen, DPR Sebut Masih Perlu Kerja Keras dan Biaya

Dibuka untuk umum pada bulan April 2023, Taman Pound menempati area bekas lokasi Markas Komando Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan South Yorkshire.

Tak mengherankan jika nama Kepala Pemadam Kebakaran pertama, John Charles Pound (1833-1918), disematkan pada taman ini.

Lokasinya strategis, tepat berada di tengah-tengah pusat Kota Metropolitan Sheffield, sehingga bisa diakses dari arah mana pun.

Sebagai bagian dari proyek regenerasi unggulan Dewan Kota Sheffield, The Heart of the City II dan Connecting Sheffield, pembangunan di jantung kota ini merupakan keputusan yang menyentuh hati setelah berakhirnya Covid-19.

Betapa tidak? Karena taman ini didedikasikan khusus untuk keluarga dan anak-anak setelah sempat terbengkalai sejak 2010.

Pada saat yang sama, orangtua dapat berbelanja dalam waktu 5 menit berjalan kaki ke The Moor atau tetap berada di taman bermain anak-anak interaktif ini.

Pound's Park merupakan jejak penting dari sebuah pengambilan keputusan atas kebijakan pembangunan yang memerhatikan kesejahteraan mental warganya.Peter YG Pound's Park merupakan jejak penting dari sebuah pengambilan keputusan atas kebijakan pembangunan yang memerhatikan kesejahteraan mental warganya.
Pada tahun 2015 lalu, Dewan Kota Sheffield meluncurkan kebijakan Strategi Ekonomi Sheffield: Rencana Ekonomi Lebih Besar, Bisnis Lebih Baik, dan Pertumbuhan Lebih Cepat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sejak krisis keuangan tahun 2008.

Salah satu tujuan utamanya adalah mencapai Kota Berprofil Tinggi dengan slogan Kota Luar Ruang.

Menurut Encyclopedia Britannica, Sheffield sendiri juga merupakan kota metropolitan yang terkenal karena dikelilingi oleh Taman Nasional Distrik Peak, area utama sabuk hijau pertanian dan destinasi wisata ruang luar untuk aktivitas semacam hiking dan camping.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com