Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Konstruksi Terbesar Asia Tengah Jajaki Investasi di IKN

Kompas.com - 23/02/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.com - Pesatnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mendorong tingginya minat investasi.

Sejumlah perusahaan dalam negeri dan mancanegara pun tertarik untuk bergabung menanamkan investasinya di IKN, Kalimantan Timur.

BI Group, perusahaan konstruksi terbesar di Asia Tengah atau tepatnya Kazakhstan, turut menjajaki, dan berminat masuk ke IKN.

Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan M Fadjroel Rachman mengatakan, penjajakan ini adalah kunjungan kedua delegasi bisnis dari Kazakhstan.

Baca juga: Proyek IKN Diaudit BPK, Basuki: On Schedule dan Terkelola Baik

"Kali ini kami (KBRI Kazakhstan) membawa perusahaan konstruksi terbesar Asia Tengah yang berasal dari Kazakhstan yaitu BI Group,” ujar Fadjroel, saat berkunjung ke IKN, Kamis (22/2/2024).

BI Group merupakan perusahaan konstruksi multinasional swasta yang telah banyak dipercaya membangun proyek-proyek besar di Asia Tengah.

BI Group juga yang memainkan peran utama membangun Astana, ibu kota baru negara Kazakhstan yang didirikan pada 1997.

Menurut Fadjroel, sejak awal tujuan KBRI Kazakhstan membawa BI Group adalah untuk meningkatkan minat mereka dalam berinvestasi di IKN.

"Dengan pengalaman mereka dalam membangun ibu kota baru serta level perusahaan multinasional, kami harap akan ada perkembangan positif setelah kunjungan ini,” tambah Fadjroel.

Baca juga: Garuda Raksasa Itu Tampak Berdiri Megah di Ibu Kota Nusantara

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono menyebut intensitas kunjungan para investor terlebih dari BI Group menunjukkan besarnya minat investasi.

"Selain BI Group, dalam minggu ini, juga ada dua kali kunjungan investor potensial ke IKN. Semoga ini adalah indikasi makin besarnya minat investor ke IKN setelah berlangsungnya Pemilu yang damai dan membawa kestabilan, sebagai prasyarat investasi," kata Agung.

Apresiasi disampaikan oleh Direktur Global Business Development BI Group Metin Palik, mengenai keseriusan dan kesiapan akan pembangunan yang dilakukan di Wilayah IKN.

Pihaknya telah banyak melakukan pekerjaan konstruksi dalam kuantitas besar dan bahkan untuk pembangunan satu kota besar Astana.

"Dengan penjelasan serta pemaparan proyek IKN yang kami terima hari ini, semoga akan ada kabar baik ketika kami membawa informasi ini kembali ke Kazakhstan,” cetus Palik.

Sebelumnya, Otorita IKN juga telah meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan Kazakhstan lainnya yaitu Sergek Projects yang bergerak di bidang teknologi.

Harapannya, apabila terjalin kesepakatan antara Otorita IKN dengan BI Group, akan ada kunjungan lanjutan yang mendatangkan CEO BI Group dan Presiden Kazakhstan ke IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com