Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Akselerasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), terutama infrastruktur Tahap I terus dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal ini dilakukan untuk mengejar target pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024.

Upacara rencananya akan digelar di Lapangan Upacara Kawasan Istana Presiden, di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Baca juga: Jumlah ASN yang Pindah ke IKN Kloter I Berkurang, Jadi 6.000 Orang

Hingga saat ini, progres konstruksi infrastruktur Tahap I sudah tembus lebih dari 74,87 persen.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga.

Sejumlah infrastruktur yang dibangun pada tahap awal ini meliputi, Istana Presiden, Kantor Presiden, Lapangan Upacara, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), Rusun ASN, Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), hingga Jalan Tol IKN.

Burung Garuda Raksasa

Kantor Presiden berbentuk Burung Garuda di Itu Kota Nusantara (IKN) terlihat dari atas (bird eye view)Biro Kompu Kementerian PUPR Kantor Presiden berbentuk Burung Garuda di Itu Kota Nusantara (IKN) terlihat dari atas (bird eye view)
Salah satu infrastruktur yang menonjol secara visual adalah Kantor Presiden berbentuk Burung Garuda raksasa.

Ia telah tegak berdiri dengan bilah-bilah terpasang membentuk kepak sayap Burung Garuda siap menyongsong Visi Indonesia 2045.

Progres pembangunan Kantor Presiden ini telah mencapai 73,67 persen.

Sementara proyek Istana Presiden dan Lapangan Upacara, per 8 Februari 2024 progresnya sudah mencapai 55 persen.

Baca juga: Soal Kelanjutan Investasi di IKN, Perusahaan Bulgaria Tunggu Langkah Pemerintah

Tampak Lapangan Upacara telah ditanami rumput hijau, memenuhi sebagian besar lapangan. Sisanya akan dikejar dalam lima bulan ke depan.

Menurut Danis, sisa waktu yang lebih kurang duapuluh minggu akan dibagi dalam tahapan pekerjaan menjadi 2-3 persen per minggu.

"Iya bisa dong (selesai Juli 2024). Lima bulan itu kan kurang lebih dua puluh minggu, kalau rata-rata progresnya setiap minggu 2-3 persen kan sisanya sekitar 40 persen. Kita targetnya 95 persen (pada Juli 2024)," tutur Danis.

Lapangan Upacara di Kawasan Istana Presiden siap dignaban untuk Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024Biro Kompu Kementerian PUPR Lapangan Upacara di Kawasan Istana Presiden siap dignaban untuk Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024
Ada pun progres infrastruktur lainnya, sebagai berikut:

Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com