Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2024, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menawarkan peluang kepada Ombudsman RI untuk membuka kantor perwakilan di IKN.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya saat ditemui di Kantor Ombudsman, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

"Tadi saya tawarin, kalau mereka mau buka kantor kami bisa fasilitasi supaya lebih mudah masyarakat untuk mengadu, sehingga kontrol juga lebih baik," ucap Jaka.

Menurutnya, kehadiran lembaga negara yang bergerak di bidang pengawasan seperti Ombudsman sangat diperlukan di IKN, utamanya agar ibu kota negara baru tersebut lebih kredibel di mata investor.

"Karena kami ini lembaga yang harus kredibel di mata investor, maka lembaga-lembaga seperti Ombudsman, BPK, BPKP itu adalah lembaga yang penting buat kami," imbuhnya.

Namun demikian, Jaka memperkirakan Ombudsman baru akan mulai membangun gedung mereka sendiri di IKN setelah tahun 2025.

"Tapi kami menawarkan kalau mau buka kantor perwakilan, ayo kita kerja sama," tegasnya.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tenaga Konstruksi IKN, Petugas Kantin HPK Dapat Pelatihan

Menanggapi hal ini, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih menjelaskan bahwa Ombudsman sudah memiliki kantor perwakilan di Kalimantan Timur, mengingat saat ini IKN masih masuk dalam wilayah tersebut.

Akan tetapi, Ombudsman juga menyambut baik tawaran itu, apalagi nantinya IKN akan berdiri sendiri dan tidak lagi menjadi bagian dari Kalimantan Timur.

"Kita sudah membuat keputusan untuk menugaskan perwakilan Kalimantan Timur, termasuk juga melakukan pemantauan terhadap isu-isi pelayanan publik di IKN. Jadi kita sudah punya perwakilan di sana," jelas Najih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com