Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nusantara Expo, Ada Taksi Terbang dan Tiang Listrik Bisa "Ngomong"

Kompas.com - 11/04/2024, 18:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan menggelar Nusantara Expo, Agustus 2024 mendatang.

Pameran seni, budaya, dan teknologi pendukung smart city IKN ini direncanakan berlangsung di sepanjang Jalan Sumbu Kebangsaan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), IKN.

Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan, saat ini pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan, dan juga Plaza Ceremony terus dipercantik memenuhi unsur beautifikasi, agar tidak saja aman, namun juga nyaman, dan estetik.

Baca juga: Basuki dan Istri Pindah ke IKN Juli 2024, Bila Air Minum Terdistribusi

"Presiden Joko Widodo akan menghadiri pameran ini. InshAllah, pada waktunya, semua akan siap," ujar Bambang, saat halal bi halal Idulfitri 2024 di PMC, Balikpapan, Rabu (104/2024).

Menurut Bambang, Nusantara Expo akan menghadirkan art, and culture Kalimantan terutama dari suku Dayak, dan juga seluruh Nusantara.

Kemudian show casing sejumlah teknoogi terdepan, maju, canggih, dan mutakhir yang sejalan dengan visi dan misi Indonesia hingga 2045.

Teknologi tersebut mencakup ekosistem smart mobility seperti taksi terbang, kereta otonom, traffict and mobility platform, dan juga smart information berupa tiang listrik yang bisa "ngomong".

Baca juga: Juli, Taksi Terbang IKN Buatan Hyundai Diuji Coba di Bandara Samarinda

Tiang-tiang listrik cerdas ini dirancang sedemikian rupa, dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa diakses siapa pun untuk mendapatkan sejumlah informasi tentang IKN.

Termasuk arah jalan, lokasi kafe, rumah sakit, taman, lokasi kantor pemerintahan, dan bahkan juga bisa menjawab semua pertanyaan secara interaktif.

"Pendek kata, tiang listrik cerdas ini merupakan sumber informasi yang dioperasikan dengan memanfaatkan energi hijau atau panel solar," cetus Bambang.

Nusantar Expo digelar selama enam bulan, dengan sejumlah anjungan atau paviliun yang didesain mengadopsi arsitektur vernakular (lokal) di sepanjang Jalan Sumbu Kebangsaan.

Pameran ini, lanjut Bambang, merupakan upaya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pembangunan IKN sebagai kota cerdas, hijau, dan berkelanjutan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com