Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2024, 09:49 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) dan PT Bakrie & Brothers Tbk terlibat dalam pengembangan infrastruktur Shared Hub yang menjadi bagian dari Knowledge Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini ditandai lewat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta tersebut pada Selasa (26/3/2024).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan CEO Bakrie and Brothers Anindya Bakrie, serta disaksikan langsung oleh Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono.

Bambang Susantono menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi antara BUMN dan swasta yang telah mendukung pembangunan Knowledge Hub di IKN.

"Saya mengapresiasi kerja sama hari ini antara BUMN dan swasta untuk bersama-sama mendukung pembangunan Knowledge Hub di IKN. Kerja sama ini sejalan dengan semangat IKN untuk menjadi a living lab atau sebuah laboratorium hidup bagi ilmu pengetahuan terbaru bagi pembangunan berkelanjutan," ujar Bambang, dikutip dari keterangan resmi.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara OIKN dengan Stanford Doerr School of Sustainability, Standford University pada November 2023.

Baca juga: Progres Landasan Pacu Bandara VVIP IKN Capai 14 Persen

Kolaborasi ini berfokus kepada pengembangan Shared Hub Infrastructure yang akan dibangun di lokasi strategis dalam kawasan Edutown IKN dan menjadi komponen kunci dari Nusantara Knowledge Hub.

Tujuannya adalah untuk menciptakan pusat pertukaran pengetahuan dan ekosistem inovasi terkait iklim.

Pada kesempatan tersebut, Bambang juga menyaksikan penandatanganan Heads of Agreement (HoA) antara Pertamina New & Renewable Energy dan PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. untuk pengembangan bersama fasilitas Mobility as a Service.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com