Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pastikan Stok BBM, LPG serta Avtur di Kalimantan Timur Aman

Kompas.com - 25/03/2024, 07:16 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - PT Pertamina Patra Niaga memastikan ketersediaan energi di Kalimantan Timur (Kaltim) selama Bulan Ramadhan 1445 H, aman.

Hal ini seiring dengan optimalisasi distribusi dan mengamankan stok bahan bakar yaitu BBM, LPG dan Avtur di seluruh Terminal BBM baik yang ada di Integrated Terminal (IT) maupun di Fuel Terminal, Aviation Fuel Terminal yang dahulu bernama Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) serta lembaga penyalur seperti SPBU dan pangkalan LPG.

Area Manager Communication Relations dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra memastikan kepada Kompas.com, Senin (25/3/2024).

Menurut Arya, pemenuhan kebutuhan BBM dan LPG Kaltim dipasok dari IT Balikpapan dan FT Samarinda dan Jobber Berau yang merupakan TBBM yang memasok BBM dan LPG termasuk Avtur.  

Baca juga: Viral Video Warga Marah akibat Pekerja RDMP Lawan Arus, Pertamina: Akan Ditindaklanjuti

BBM dan LPG didistribusikan ke 169 unit SPBU, 108 unit Pertashop dan lebih dari 3.100 pangkalan LPG serta 2 AFT di Kaltim.

"Saat ini kondisi stok BBM, LPG dan Avtur di wilayah Kaltim dalam keadaan aman. Demikian halnya dengan program subsidi tepat solar," ujar Arya.

IT Balikpapan, FT Samarinda dan Jobber Berau memiliki ketahanan stok Pertalite antara 8-12 hari akumulatif, Pertamax sekitar 14-18 hari, Solar sekitar 5-8 hari dan LPG sekitar 6-8 hari.

Sedangkan ketahanan untuk bahan bakar pesawat udara yaitu avtur di AFT Sepinggan Group dengan aneksasi AFT APT Pranoto dan AFT Kalimarau memiliki ketahanan hingga 6-14 hari akumulatif.

"Ketahanan stok ini tentu akan terus bertambah seiring dengan distribusi stok BBM melalui kilang dan kapal Ship To Ship (STS) Balikpapan,” ucap Arya.

Sementara itu, rata-rata normal penyaluran harian produk BBM di Kaltim sampai dengan 21 Maret 2024 untuk Pertalite sebanyak 1.643 Kiloliter (KL) per hari, Pertamax 513 KL per hari dan Biosolar sebanyak 538 KL per hari.

Baca juga: Empat Proyek Skala Besar Pertamina di IKN Terus Berproses

Sementara untuk LPG subsidi atau PSO penyaluran harian sebanyak 375 Metrik Ton (MT) per hari dan LPG Non Subsidi sebanyak 104 MT per hari, sedangkan untuk untuk avtur penyaluran harian sekitar 268 KL.

Untuk wilayah Kota Balikpapan rata-rata normal penyaluran harian produk BBM sampai dengan 21 Maret 2024, untuk Pertalite sebanyak 200 Kiloliter (KL) per hari, Pertamax 188 KL per hari dan Biosolar sebanyak 87 KL per hari.

"Sementara untuk LPG subsidi atau PSO penyaluran harian sebanyak 62 MT per hari dan LPG Non Subsidi sebanyak 27 MT per hari, sedangkan untuk avtur penyaluran harian sekitar 222 KL” lanjutnya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H nanti, Pertamina juga akan mengaktifkan posko Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) serta penambahan beberapa titik SPBU Kantong di jalur-jalur wisata atau jalur mudik.

“Posko satgas rencananya akan dimulai pada tanggal 25 Maret 2024 dan akan berakhir pada 21 April 2024. Posko ini akan memantau stok dan distribusi energi berupa BBM, LPG dan avtur selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H,” ungkap Arya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com